* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC


Kasus yang saya dapati kali ini adalah tv samsung CS21T20MQ dengan gambar kanan kirinya menyempit ..Langkah pertama yang saya lakukan adalah mengecek capasitor-milar di bagian horisontal output.Setelah di cek ternyata tidak diketemukan komponen yang mencurigakan..Tapi eit tunggu dulu ternyata ada capasitor c499 dengan nilai 1u/160v dalam kondisi menggembung seperti mau meletus.Langsung saja kapasitor ku ganti dan tvpun aku coba dan ternyata gambar masih menyempit..Langkah selanjutnya adalah mencari komponen pendukung di sekitar horisontal karena kita tahu semua televisi flat membutuhkan komponen pendukung untuk menyelaraskan gambar biar gambar tidak melengkung...akhirnya langsung aku tuju komponen tersebut dan ketemu sebuah SCR IRF630 setelah diukur ternyata short dan komponen tersebut langsung aku ganti ..Tv pun aku coba ternyata gambarpun masih 






menyempit..wah apanya lagi nih???Daripada pusing langsung saja aku teliti resistor yang berhubungan dengan SCR tadi dan akhirnya ketemu sebuah resistor R416 dengan nilai 220 ohm molor menjadi 1 k ohm...setelah kuganti gambarpun normal kembali...Sukses buat semuanya..

0 komentar: