* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

Rangkaian Pemancar TV Sederhana

On 0 komentar

Ini Rangkaian Pemancar Teve mempergunakan standar 1 modulasi FM untuk bunyi dan KAWAN untuk modulasi video. Sinyal audio akan diatur pra diperkuat suara penggunaan transistor Q1 dan komponen berhubungan. Transistor Q2 Yang punya dua pekerjaan: penghasilan dari frekuensi pembawa dan modulasi. Pra memperkuat suara sinyal audio diberi makan ke dasar dari transistor Q2 untuk modulasi. Kapasitor C5 dan induktor L1 membentuk sirkit tangki yang bertanggung-jawab untuk menghasilkan frekuensi pembawa. Sinyal video diberi makan ke emiter dari transistor Q2 melalui Menaruh Dalam Pot R7 untuk modulasi. Gabungan teratur isyaratkan (audio + video) dikirimkan oleh A1 antena.
Skema RangkaianPemancar TV SederhanaInduktor L1 dapat dibuat oleh pembuatan 4 putaran dari tembaga tertutup enamel 24SWG kawat pada satu dia 6mm: terdahulu plastik. T1 dapat satu trafo frekuensi radio dengan bangun di kapasitor. (Dapat ditemukan pada radio transistor tua papan). Antena A1 dapat satu 1M dawai tembaga lama. (Adakan percobaan dengan panjang untuk memperoleh kinerja jumlah maksimum). Pemancar ini bekerja di VHF menyatukan sedikit banyak di antara 50 – 210MHz. Pemancar ini adalah yang dapat dipertukarkan hanya dengan KAWAN b dan KAWAN g sistem.
Daftarkan Componet:
R1 = 10KOhm R2 = 47KOhm R3 = 15KOhm R4 = 8.2KOhm R5 = 47KOhmR6 = 47KOhm R7 = penghambat variabel 1Kohm R8 = 75Ohm C1 = 10uF / kapasitor 25Volt electrolik C2 = 0.001uf / kapasitor ceramic 10nF C3 = 100nF C4 = 10nf C5 = 47pF (kapasitor variabel) C6 = 10nF C7 = 10pF C8 = 27pF c9 = 100nF C10 = 470uF c11 = 10nF C12 = 220uF / 25Volt Q1 = transistor BC547 NPN Q2 = transistor BC547 NPN
T1 = T1 dapat satu trafo frekuensi radio dengan bangun di kapasitor. (Dapat ditemukan pada radio transistor tua papan).
L1 = 4 putaran dari tembaga tertutup enamel 24SWG kawat pada satu dia 6mm: terdahulu plastik.
TEVE VHF / UHF modulator 
Januari Elektor 1985
Komputer, game video, kamera video, pasang taruhan komputer; semua ini menghasilkan sinyal video yang harus ditayangkan melalui satu pesawat televisi. Kalau penerima TEVE yang dipermasalahkan tidak mempunyai satu input video dan pemilik ini segan untuk merusak ini agar mencocokkan satu kemudian berbagai ini dari modulator adalah solusi jelas nyata. Ini adalah satu sirkuit sederhana proses itu sinyal video untuk memperbolehkan mereka diberi makan lurus ke dalam antenanya Peralatan Teve masuki.
Satu ‘ TEVE modulator ‘ sungguh tidak lebih dari satu pemancar. Ini adalah satu sangat kecil pemancar, terus terang, tapi tak ada semakin sedikit yang adalah apa ini adalah. Apa yang satu modulator sebenarnya lakukan? Di umum dan desain ini adalah tidak ada eksepsi ke ketentuan ini adalah satu osilator sederhana yang menghasilkan satu frekuensi di suatu tempat pada VHF atau daerah UHF. Osilator diatur dengan sinyal video dan gelombang pembawa teratur dengan demikian menghasilkan diberi makan ke dalam antenanya Peralatan Teve memasuki melalui satu kabel. Kemudian semua sisa itu untuk lakukan adalah nada TEVE ke frekuensi benar.
Satu ‘ TEVE modulator ‘ sungguh tidak lebih dari satu pemancar. Ini adalah satu sangat kecil pemancar, terus terang, tapi tak ada semakin sedikit yang adalah apa ini adalah. Apa yang satu modulator sebenarnya lakukan? Di umum dan desain ini adalah tidak ada eksepsi ke ketentuan ini adalah satu osilator sederhana yang menghasilkan satu frekuensi di suatu tempat pada VHF atau daerah UHF. Osilator diatur dengan sinyal video dan gelombang pembawa teratur dengan demikian menghasilkan diberi makan ke dalam antenanya Peralatan Teve memasuki melalui satu kabel. Kemudian semua sisa itu untuk lakukan adalah nada TEVE ke frekuensi benar
Rekaletak
Keseluruhan bisnis bukan sangat sesederhana kita baru saja disarankan, tentu, sebagai pemancar mini harus bertemu kebutuhan tertentu. Kemantapan frekuensi harus sangat baik seperti, bahwasanya, harus mutu dari pajangan. Frekuensi diperlukan kemantapan dicapai oleh penggunaan dari satu osilator kristal. Satu cukup paham ke luar pilihan dari pengambilan nilai komponen dengan alamat mutu pajangan: modulator mengijinkan satu daya pisah dari 80 karakter per garis, seperti ini adalah satu nilai itu adalah sering dibutuhkan. Satu sangat penting fitur dari sirkuit yang harus diputuskan adalah frekuensi transmisi. Kalau ini hanya tunggal salurkan, sebagai di atas yang disarankan, h memberikan naik untuk beberapa masalah praktis. Pengguna berbeda akan mau alur berbeda, gelombang pembawa dapat menjadi sedikit banyak sulit ke tempatkan, dan kecuali jika frekuensi persis menyoroti pada tidak ada sinyal akan didapat. Satu banyak ide lebih baik adalah untuk memastikan bahwa HF mengisyaratkan mengandung sejumlah besar frekuensi berbeda. Ini membuat ini banyak lebih mudah ke nada TEVE mulai salah satu frekuensi seperti di situ akan sungguh pasti menjadi satu agar cocok dengan tiap-tiap pengguna.
Bagan kotak dari figur aku memperlihatkan bagaimana ini dicapai. TEVE modulator disusun dari dua bagian, yaitu satu osilator kristal modulatable dan satu generator selaras. Osilator operasikan pada satu frekuensi dari 27 MHz, yaitu sangat rendah sangat kristal murah adalah siap tersedia. Generator selaras mengonversi sinyal osilator ke dalam sejenis spektrum frekuensi mengandung semua perkalian dari 27 MHz sampai kesana-sini 1800 MHz. TEVE isyarat keluarannya modulator disusun dari suatu jumlah yang besar dari puncak kecil, masing-masing sebesar yang satu pemancar lengkap isyaratkan. Paling tidak salah satu ini akan selalu berada di dalam aku band (VHF menyalurkan 2. .. 4 ), satu di band III. (VHF menyalurkan S. . .12) dan banyak mereka akan berada di dalam band IV. dan v (UHF menyalurkan 21.. . 69).
Diagram sirkuit
Sukai bagan kotak, sirkuit (diperlihatkan di figur 2) adalah sangat secara langsung. Osilator kristal adalah berlandaskan satu sangat cepat transistor HF, Tl (BFR91), laksanakan yang modulasi amplitudo. Terpisah dari ini di situ kecil dikatakan tentang osilator terkecuali, barangkali, bahwa ini penting untuk mempergunakan nilai benar untuk komponen mengepung Tl. Ini adalah, tentu, hanya pengertian umum di berbagai ini dari HF kitari. Generator selaras dibentuk oleh dua diode Schottky, Dl dan D2. Diode ini harus bertukar sangat dengan cepat pada waktunya dengan 27 MHz mengisyaratkan sangat mereka menyediakan selaras kuat menaiki ke dalam gigahertz tempat latihan. Kedalaman modulasi dapat disetel dengan Pl, sementara d.cnya osilator. nilai dapat dibedakan atas pertolongan P2. Kombinasi dari ini dua presets memperbolehkan yang manapun positif atau modulasi amplitudo negatif dipilih. Ini adalah penting sebagai dihasilkan yang selaras bervariasi di hormat ini. Kita akan mendiskusikan kalibrasi dari Pl dan P2 kemudian di artikel ini. Kekuatan untuk sirkuit dapat disediakan oleh yang manapun satu tidak terstabilkan 8… 30 v atau satu terstabilkan 5 V. belakangan dapat diambil dari satu kekuatannya komputer menyediakan dan dalam hal ini ICI bukan diperlukan.
Konstruksi
Papan sirkit tercetak yang kecil didisain untuk sirkuit ini diperlihatkan di figur 3. Ini bukan bersisi ganda seperti ini ditemukan yang tak perlu. Konstruksi adalah karena itu sederhana dan pembaca siapa tidak membeli papan melalui EPS kita layanan (oh ya yang oh ya) akan menemukan ini lebih mudah ke perbuatan diri mereka sendiri. Membangun sirkuit hanya satu hal untuk mencocokkan komponen ke atas papan sirkit tercetak. Coil, sering satu sumber dari banyak gigi menggertakkan dan tarikan rambut, tidak akan satu masalah dalam hal ini. Dua diantara mereka, Ll dan L2, dibuat oleh pemutaran 3.5 putaran dari menutupi dengan enamel tembaga kawat (kesana-sini 0.2 mm tebal) pada satu 3.5 ferit embun mm. Lain, L4, adalah hanya satu putaran dawai tembaga (0.8. .. 1 mm tebal) udara luka dengan satu diameter dari 8 mm. Induktor ke-empat, L3, dapat hanya menjadi dibeli. Apapun nada tambahan ketiga bentuk kristal dengan satu frekuensi dari di antara 25 dan 30 MHz akan bekerja di sirkuit ini. Sejumlah nilai pantas diiklankan dalam terbitan ini. Satu-satunya memisahkan itu mungkin membuktikan sulit ke penemuan adalah diode Dl dan D2. Yang satu menyatakan pada daftar inventaris ada tersedia pada saat kecuali tidak menyerah asa kalau toko sudutmu tidak mempunyai mereka. Satu-satunya hal penting adalah bahwa mereka harus diode UHF Schottky; jenis nyata angka dari konsekwensi kecil.
Kalibrasi
Mengalibrasi modulator meminta satu derajat tertentu dari kekhawatiran saat ini melibatkan lebih dari baru ‘ setelan presets ke posisi pertengahan ‘. Setelan sesuaikan, pada kenyataan, pada selaras kemana sirkuit disetel. Kalibrasi harus diselesaikan sebagai berikut:
Setel penerima TEVE ke kecerahan maksimum dan kontras.
Beri makan satu sinyal video ke dalam modulator (satu rekam video dari satu kartu test, atau satu penghubung ke satu komputer ‘ TEVE ‘ soket, dapat dipergunakan) dan hubungkan keluarannya sirkuit ke antenanya TEVE masuki.
Setel P2 untuk posisi pertengahan dan P1 ke daya tahan minimum (sepenuhnya berjalan kekiri).
Setel penerima TEVE ke satu harmonik, terutama salah satu VHF satukan (salurkan 2. . .12). Setel adalah benar ketika ‘ salju ‘ pada layar musnah dan / atau layar menjadi gelap.
Arahkan P1 sangat sedikit hingga ‘ sesuatu ‘ menjadi tampak.
Kalibrasi P2 untuk memberikan mungkin terbaik image berkualitas. Kalau hasil adalah tidak terlalu
baik penyeka dari Pl dapat digerakkan sedikit lagi dan P2 lagi tercukur rapi untuk memberikan satu image lebih baik.
Kalau statis ini tidak berhasil menyediakan satu hasil bisa diterima menyetel TEVE ke harmonik berikutnya.
Ini harus beri satu image pantas.
The circuit diagram- figure 2
Parts list
Resistors:
R1, R2 = 4k7
R3, R4 = 56ohm
P1 = 100 ohm preset
P2 = 500 ohm preset
Capacitors:
C1 = 4mf7/16 V
C2= 10p
C3 = 220p
C4 = 47p
C5 = 47n, ceramic
C6 = 100n*
C7 = 330n*
Inductors:
L1, L2 = 3.5 turns of 0.2 mm (SWG 35 or 36) CuL on a ferrite bead of about 3.5 x 3.5 mm
L3 = 1 microH
L4 = 1 turn of 0.8. . .1 mm (SWG 19…21) CuL, air wound with a diameter of 8 mm
Semiconductors:
D1, D2 = 1N6263 (Ambit/Cirkit)
D3 = lN4148
T1 = BFR91 (Ambit/Cirkit)
IC1 = 7805*
Miscellaneous:
X1 = crystal, 27 MHzd(3rd overtone) or other 3rd overtone crystal between 25 and 30 MHz
*= not needed if the circuit is powered from a stabilised 5 V supply
Figure 3. Fortunately the printed circuit board for the modulator is only single-sided. The largecopper surface acts as a ground plain.








That Circuit is a UHF TV linear amplifier for small TV transmitters with output aroun 100-200mW. The transistor BGQ136 comes with SOT-122 case has gain of 13dB at 800MHz. So with input 100mW you get 2W output and for 200mW you get 4W.



Jangan melebihi itu atau kamu akan mengawali memperoleh gambar buruk terdistorsi!
Beri makan dengan 25 Volt / 3Amps. Mempergunakan alangkah heatsink besar.
Uraian:
Satu VHF menyatukan penggunaan pemancar TEVE negatif modulasi bunyi dan modulasi video KAWAN. Ini adalah pantas untuk TEVE penggunaan negara sistem b dan G.
Catatan:Frekuensi dari terletak pemancar diantara VHF dan VLF tempat latihan pada Alur Teve, bagaimanapun sirkuit ini telah diuji di frekuensi UHF. Bunyi teratur mengisyaratkan mengandung 5.5 - 6MHz dengan menyetel C5. Membunyikan modulasi adalah FM dan adalah yang dapat dipertukarkan dengan Sistem UK aku berbunyi. Pemancar bagaimanapun bekerja di frekuensi VHF di antara 54 dan 216MHz dan oleh karenanya yang dapat dipertukarkan hanya dengan Kawan penggunaan negara Sistem b dan Sistem Kawan G.

0 komentar: