* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

* S . S . E *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC



Kami udah berpengalaman  di bidang kerusakan kulkas.
Kulkas kecongkel dan bocor
Kulkas buntu dan mampet
Kulkas mesin kompresor macet kami juga bisa memperbaiki
Kami  udah berpengalaman di bidang memperbaiki kulkas udah bertahun-tahun
Entah itu kulkas 1 pintu 2 pintu atau 3 pintu
Kulkas minuman kulkas es krim atau kulkas pengawet makan kamilah bidangnya
Kusus kulkas dan mesin cuci kami siap antar jemput

Ini contoh saat pengisian frion pada kulkas dan friser buat es


Perusahaan kami juga ahlinya perbaiki mesin cuci 2 tabung atau 1 tabung
Mesin cuci manual maupun digital


Sekawan servis elektronik juga berpengalaman servis LCD TV, maupun LED TV, dan plasma TV
Ini ada beberapa contoh yang sedang kami perbaiki
Perusahaan kami ada beberapa tim dibidangnya masing-masing








Perusahaan kami juga udah di percaya untuk memperbaiki kumputer maupun lapto


Untuk itu, jangan ragu untuk menghubungi kami jika anda kesulitan kerusakan. Kusus kulkas dan mesin cuci sekawan servis electronic memberikan layanan antar jemput barang kepada konsumen.
Silakan Anda hubungi kami melalui telepon atau SMS. untuk berkonsultasi mengenai kerusakan Plasma TV, LCD/LED TV, atau LCD/LED Monitor komputer dan laptop Anda sebelum datang ke workshop/bengkel kami. Sebutkan merek dan kode model elektronika Anda serta gejala kerusakannya agar kami dapat menjelaskan perkiraan kerusakannya, perlu/tidaknya pergantian komponen, dan prakiraan biaya kepada Anda. Dan silakan Anda kunjungi workshop/bengkel kami dengan alamat dan jaminan servis yang pasti.


Jl. Pungkruk Gabukan 3 Km.
Lihat Papan Nama :
SEKAWAN SERVIS ELEKTRONIK
Alamat : Barat Lapangan Taraman Sidoharjo Sragen
Tlp : 081578482284 / 081329189907

SEKAWAN SERVIS ELEKTRONIK SRAGEN


SERVIS : TV, LCD TV, L E D TV, Plasma TV
- SERVIS : Laptop, Netbook, PC / Computer
- SERVIS : VCD, DVD, Instalasi Audio Mobil Dan Perbaikan
- SERVIS : Kulkas / Pendingin, Mesin Cuci, Dispenser
- MENERIMA SEPUL SPEAKER 8″, 10″, 12″, Dll


SEMUA JENIS PEKERJAAN DI ATAS  BERGARANSI DAN BISA DIPERTANGGUNG JAWABKAN.
BEKERJA JUJUR DAN TRANSPARAN SERTA MEMBERIKAN PENJELASAN YG DETAIL KEPADA SETIAP PELANGGAN BAGI YG BELUM MEMAHAMI SECARA FAMILIAR.
SEWAKTU-WAKTU BISA KONSULTASI MASALAH GANGGUAN PADA SEMUA JENIS PEKERJAAN DI ATAS
KAMI SIAP MELAYANI DENGAN PENUH KESABARAN
DAN SIAP ANTAR JEMPUT

Jl. Pungkruk Gabukan 3 Km.
Lihat Papan Nama
SEKAWAN SERVIS ELEKTRONIK
Alamat : Barat Lapangan Taraman Sidoharjo Sragen
Tlp : 081578482284 / 081329189907

Edisi PLASMA,,LG,,42PT350,,
Cuma kedip2 aja,,,
Langsung cabut konektor psu ke y-main,,
Tess,,,vs/va,,ok,,,
Buka y-main,,
Cek igbt,fet,dll,,
Dapat satu yg short(irg71c28u)
Sama C 222k,,


merekahhh,,,hehe,,
Hmm,,jlepp,,
Langsung ganti pemain,,,
Tess,,lahh,,Y-main,,protek,,,
Coba ukur lagi,,ga ada yg short,,,

   Hmm,,Akhirnya,,keluarlah si kotak kecil,,,buka semua,,barisan IGBT dll,,,


Cek,,pakai,,tul,tul,,
Lahh,,kok 30F124,,


terbaca Capasitorr,,hmm,,
Ini tohh,,ganti semua(4),,
Tess,,dan Byoorrr,,,

   Dapat pelajaran lagi,,,semua haruss dg sabar,,ga terburu-buru,,,Ajkhirnya jadi kerja 2 kali,,,

  



LED LG 32LS,,
Ada Suara ga ada gambar,,intip,tip,,ternyata raster ada,,Buka dan langsung menuju ke blok inverter,,
1.ukur out inverter,,ternya tegangan ada sekitar 80volt,,


artinya inverter bekerja tapi belum normal,,karena Input cuma 24volt,,jadi klo outnya lebih dari itu,,berarti inverter aman,,ini cara saya menganalisa kerusakan sebagai pemula,,,

2.bongkar panel/layar,,tezz,,tezz,pakai tul,tul,LED,,nahh ada satu yang udah mati,,


karena user maunya yang ramah di kantong,,di ganti yang putus aja,,dengan garansi seumur hidup,,,

  Setelah di ganti,,ukur lagi out inverter,,


nahh baru naik sampai 120 volann,,,
dan layarpun menyala,,


bibir ini tersenyum dan hati berucap Alhamdulillah,,, Byooorrr,,

  Jadi begini trik saya dalam mendeteksi kerusakan BL LED atau Inverter,,,
Mohon para master masukannya ,,
kali aja ada cara yg lebih ampuuhh,,,,

EDISI LED LG 32LN4900,,
Gejala Layar bleng,,BL nyala,,suara Baguss,,
  Langsung bongkar,seperti biasa Pelacakan pertama Ke Plat Tcone,,coba ukur VGH,Oo Nol volt,,Hmm,,coba vgl ada -5,,,,

  Untuk memastikan Kerusakan di posisi mana,,coba Buka dlu kabel flexibelyg ke panel,ukur lagi dan Vgh ada nongol,


karena Tv ini pakai 2 flexibel ke layar,,coba pasang satu2 untuk memastikan Di jalur mana yg bermasalah,,

  Setelah itu buka frame,,dan coba Ukur di plat yg bermasah tadi,,pakai buzzer,,biar mudah,,ternyata pas di ukur ke C kutu Ada bunyi,,Artinya Ada C atau komponen yg short,,


  Nah,,Trik saya adalah,,agar mudah mengetahui C mana yg short,,saya cut aja jalurnya tapi jangan Lupa di kerik dlu,,jadi klo Salah bisa sambung lagi,,Alhamdulillah,, 2 kali potong jalur,,langsung ketemu C yg short,,buka dan ukur lagi di jalur itu,,ternyata buzzer udah ga bunyi,,Artinya Udah ga ada komponen yg short,k,,


 Tinggal cari ganti dan pasang,,tezz Byooorrr,,,


Tampa sadar bibir ini tersenyum dan lisan berucap Alhamdulillah,,,,

Jadi gini Om,,,
TV led lg 32LN,,
Dg gejala lampu indikator kedip sekali lalu mati dan chanel,remot,ga respont.Sperti biasa,cara mudah dalam penangan tv seperti ini adalah dg cara membuka Tutup belakang,,hahaha,,,

   Setelah itu colok listrik dan coba raba si XD LGE6841,,oh ternyata puanasnya Agak over.Tapi untuk memastikan penyebab IC panas kita cek dulu tegangan di psunya dan di ic dc to dc.

  Dan semua aman. kecuali Tegangan 3,5 volt drop jadi 3,3 volt.


coba lepas konektor tegangan ke MB,


hemmm tegangan jafi Normal.
Klau udah gini bisa di pastikan IC XD galau beratt,,,
  Eksekusi IC dengan cara di tiup pakai Hawa panasss,,,


ehh jangan lupa di lumuri flux biar gampang bukanya,Ambil IC yg baru dan pasang menggunakan Blower.

  NB:Saat pasang ic XD blowernya harus hati2 karena bisa mengakibatkan IC rusak,,
Yg saya lakukan paskan kakinya dg menyolder kedua sisi,Agar saat blower kakinya ICnya ga goyang2,,setelah pas lumuri lagi dg Flux dan blower di sekitaran kaki IC sampai mengkilap,,,Kemudian baru rapikan pakai solder biasa,,


  Dann,,Byuuuuurrrrrr,,,,

sebagi seorang service elektronik kedatangan tv led/lcd dengan keluhan atau gambar Dobel berbayang.


so.. pasti jawabanya sering... . kerusakan seperti ini sering sekali. tentunya,
Dengan gambar dobel di sertai dengan berbayang,bahkan. Ada juga pertama. kali teve . di nyalakan Ada yang normal. duluan terus, beberapa detik atau tengahan menit berubah jadi . gambar ga karuan bergaris, dan dobel berbayang warna berubah rubah, komplikasi. pokoknya.

Kalau, pendapat saya. kerusakan Seperti. ini memang kerusakan panelnya atau. rusaknya osd Displyynya..teve tersebut . tentunya penggantianya , juga lumayan cukup mahal. 32' saja di atas 1jutaan. lebih. bahkan.



Kerusakan seperti di atas, banyak sekali rekan rekan tehnisi, berhasil  untuk memperbaikinya. dengan cara. yang populer saat ini. tentunya, dengan kata kata sunat panel atau cuting panel led/ lcd.
Atau dengan cara memotong jalur. yang masuk ke  rangkaian osd disply. tersebut. jalur atau arus. yang membuat teve, menjadi bermasalah atau gambar. berubah dobel berbayang dan magenta,

Dengan memotong jalaur tersebut . teve bisa akan normal kembali tapi tidak 100%. berhasil. karena di sini. menurut pengalaman. saya juga sebagi seorang tehnisi, yang lagi belajar. tentang teve lcd/led.
Dengan kerrusakan seperti yang di sebut di atas, kadang.juga mengalami ke gagalan . dalam arti Memang teve tersebut sudah tidak bisa di akali lagi, alias harus ganti panelnya,

Ok, Lanjut lagi persiapan untuk memotong jalur di bagian tcon tersebut. apa saja?. nama jalur yang harus kita potong.dan persiapkan dulu carter yang tajam. atauu beli baru dan kaca pembesar tentunya.
Sedikit pengetahuan dulu sebelum memtong atau .cuting  jalur tersebut.

Panel atau layar lcd. biasanya di supply. oleh sinyal dua arah.dari masing masing flexsible.
Tergantung dari tipe panel led/lcd yang di gunakan.Ada juga panel yang masih menggunakan Tambahan  COF dari sisi pinggir pinggirnya.
Namun juga sudah ada yang include.ada panel lcd/led. itu sendiri.

Fungsi memotong jalur ini adalah .supaya sinyal yang di berikan ke layar lcd tidak mendapat Ganguan karena adanya shott atau rusaknya jalur yang ke layar. dengan cara. mengakalinya, dengan memotong jalur sinyal. yang dari tcon. menuju panel layar tersebut.

Ada dua jalur yang harus di perhatikan untuk memotong jalur tersebut.
Kita coba potong dari sisi kiri.


Dan hasilnya gagal.
Kita sambung kembali hasil cut yang gagal
Klau gagal kiri yang di potong pindah kanan
dengan catatan jalur, yang tadi di sambung kembali.



Jalur yang mau di potong harus di perhatikan dulu. bila perlu di beri tanda,,
ingat pemotongan satu persatu dulu jangan semuanya,
Kita pindah yang di potong sebelah kanan


lihat hasilnya.
setelah di potong dan pemotongan supaya agak miring . supaya kallau gagal mudah di sambung kembali.
Jalur  yang di potong adalah jalur. CKVB 1,2 DAN CKV 1.2. dulu. dan liat hasilnya,.
Kalau masih ada masalah kita lanjut potng jalur.STV dan vss. Ingat potong jalurnya
Satu persatu. jangan serentak. karena kalau tidak berhasi susah nyambungya kembali. itu menurut. pengalaman saya.
Kalau untuk  gambar dobel vertikal biasanya . untung untungan saja, yang saya potong,
Jalur CKV CKVB.
Itu jika lagi beruntung teve akan cling


gambar normal walaupun untuk resolusi. beda dari aslinya.
 sekedar berbagai. dan atas dasar pengalaman.saya sebagi seorang tehnisi elektronik. mudah mudahan ada manfaatnya.

terimakasih untuk semuanya.