* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

mini jet dan Presisi Sophia J-450

On 0 komentar

Baru saja saya berhasil memperoleh yang rusak Sophia J-450 Model mesin pesawat udara turbin gas. Saya telah diberitahu alasan untuk kegagalan adalah bantalan hancur, jadi saya siap apa yang akan saya harapkan. Di sisi lain saya masih punya keluar rotor dari turbocharger Garrett dibatalkan T3, itulah salah satu yang digunakan di J-450.

Saya pasti berniat untuk membangun kembali mesin, karena itu adalah bagian yang luar biasa baik teknik mesin. Bukan KJ-66 tunggal mesin derivatif mencapai keadaan kesempurnaan. Atau telah ada yang pernah melihat segel karbon dalam mesin pesawat model?

Perbedaan utama dari J-450 untuk sebagian dari turbin gas yang model lainnya adalah, bahwa itu menggabungkan tinggi tekanan injeksi bahan bakar dan tabung penguap tidak seperti kebanyakan yang lain. Ini bahkan tidak memerlukan propana untuk memulai mesin.

Informasi ini mungkin menarik beberapa untuk mereka yang ingin memodifikasi JPX 240, yang pada dasarnya adalah desain yang sama namun hanya berjalan pada propana. Tapi sayangnya modifikasi ini sepertinya tidak terlalu mudah karena salah satu bagian yang paling rumit (terowongan poros) harus diproduksi ulang atau mungkin diubah (saya tidak tahu apa terowongan poros pada JPX240 tampak seperti).

Dan sekarang beberapa gambar lebih banyak dari "Hall of Horor" saya dan beberapa rincian denda, dan mungkin beberapa analisa kegagalan.

Wow, apa denda roda turbin ditiup ;-). Potongan-potongan logam merobek keluar dari sana dan semua baling-tips yang dilemparkan. Wajah logam besar di dekat poros retak mengungkapkan seluruh. Pemilik sebelumnya harus telah benar-benar beruntung bahwa roda tidak meledak seperti bom. Poros berubah warna hampir sampai ke bantalan depan. Aku belum pernah melihat sesuatu seperti ini pada sebuah roda yang diambil dari turbocharger.



Saya kira seluruh roda turbin oranye terang bersinar ketika hal ini terjadi. Untuk sesuai roda T3 saya ke mesin ini saya hanya harus menggiling poros dari 4 / 10 "(10,16 mm) sampai 10 mm.
Lihatlah apa yang scrapnels dari roda turbin telah dilakukan ke NGV radial! Hampir semua dari baling-baling yang bengkok ke luar (lebih atau kurang), beberapa yang melengkung buruk dan baling-baling 12 dan 1o'clock bahkan menunjukkan tanda-tanda dampak kerusakan. Dan bagian ini terbuat dari beberapa bahan sulit Anda bertaruh!

Sementara itu saya mencoba meluruskan baling-baling dengan sukses parsial, tapi aku lebih akan mencari tahu harga cadangan baru sebelum saya memutuskan untuk menggunakan "diperbaiki" NGV.

Ini adalah kapal coumbustor batin dengan aksial NGV terpisahkan. Perisai panas ke roda turbin menunjukkan dampak kerusakan di dua tempat. Dan beberapa keanehan lain yang dapat diamati, yaitu
bahwa beberapa baling-baling yang terbakar parah (terutama di posisi 7o'clock) dan beberapa orang lain masih mengkilap. Ini mengarah pada asumsi bahwa beberapa nozel injeksi tersumbat, sehingga pola pembakaran sangat tidak merata. Jika maka termokopel tunggal yang EGT laporan ke ECU terletak di salah satu daerah dingin, baik, Anda bisa menebak apa yang happens.This adalah salah satu alasan bahwa semua ukuran penuh turbin gas memiliki beberapa termokopel. Saya pikir memiliki beberapa bahan untuk dilas tempat yang rusak dan kemudian menggilingnya untuk membentuk lagi, tapi mungkin cadangan akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Ini adalah pembakar kapal luar. Hanya ada kerusakan kecil pada komponen yang nyaris tak terlihat dalam gambar ini dan dapat dengan mudah diperbaiki dengan memalu ringan dan pengamplasan. Satu perbedaan antara ruang bakar dan salah satu dari 240 JPX adalah dua pemegang pagar api (konsentris trifilar memutar cincin kawat keluar dari 0.6mm, mungkin steel) di dekat bagian bawah. Bagian dari cincin ini hilang dan mungkin telah menyebabkan kerusakan benda asing (FOD) ke roda turbin. Cincin ini harus diganti. Tabung kecil memproyeksikan radial ke dalam ruang pembakaran udara nozel bahwa meter udara pembakaran ke zona primer.
Berikut pagar api pemegang dapat dilihat lebih jelas. Para pendukung kancing tampaknya tempat dilas ke nozel udara depan primer. Masing-masing memiliki dua lubang di mana kawat berjalan. Saat ini saya telah menghapus kawat sepenuhnya dan akan mencoba untuk menggantinya dengan kawat las stainless steel 0.6mm MIG. Kawat asli mengejutkan rapuh. Ia juga mengungkapkan untuk menjadi magnet, jadi aku ragu itu steel. Mungkin bahan terlalu lemah pada bagian 50cents-telah menyebabkan mesin secara keseluruhan untuk gagal?
Dalam gambar ini pipa pakan bahan bakar dan minyak memproyeksikan melalui diffusor kompresor ke depan terowongan bantalan dapat dilihat. Banyak lubang di bantalan terowongan pasokan udara kompresor pengiriman ke dalam ruang bakar tersebut. Tepat di bawah cincin nozzle bahan bakar terlihat (sedikit ditutupi oleh kotoran kecoklatan).
Ini adalah terowongan poros, bantalan pengikut depan (kanan) dan pemindahan alat bantalan depan (kiri) saya harus membuat untuk mengekstrak bantalan. Terowongan poros adalah bagian increadibly baik dari pekerjaan mesin, selain mengandung dua bantalan kontak sudut hibrida itu minyak-udara pencampuran, pasokan udara melalui lubang aksial 20 ke kapal pembakar dalam, menerima musim semi bantalan belakang preload dan berisi sepuluh bahan bakar nosel injeksi serta semua saluran distribusi bahan bakar.
Gambar ini menunjukkan salah satu dari sepuluh nozel injeksi bersama dengan dua saluran udara ke ruang bakar liners dalam (kompresor samping). Para Nozzle sendiri memiliki diameter sekitar. 0.15mm. Namun, saya tidak bisa mencari tahu apakah nozel dibentuk oleh cincin terpisah yang menyusut ke tubuh terowongan thaft atau jika porsi yang lebih besar dari nozel telah dibor dari dalam (yang akan membutuhkan beberapa jenis alat dokter gigi ).
Ini adalah tembakan ke daerah depan terowongan poros.
 Sebuah alur berubah menjadi dalam untuk menerima cincin kawat baja (musim semi) yang memegang tubuh pusaran nosel (kuningan) di tempat. Saya tidak sabar untuk mendapatkan penggantian O-cincin yang menutup ducting distribusi bahan bakar dan menguji sistem pembakaran luar mesin. Saya heran jika semua nosel bekerja atau jika beberapa membersihkan increadibly sulit akan diperlukan.

Ditambahkan 2000/12/14

Kemarin aku menghabiskan beberapa waktu di bengkel setelah saya memutuskan bahwa saya akan melakukan penggilingan poros turbin sendiri. Saya punya tawaran oleh pilot pesawat model sesama untuk memiliki tanah poros oleh temannya, tapi aku tidak ingin mengganggunya dan di sisi lain ketika aku memo itu saya tahu siapa yang harus disalahkan ;-)

Seperti yang Anda lihat saya cukup beruntung dan tidak memo itu. Ini adalah rotor keseluruhan dengan bantalan utuh yang tersisa di tempat. Saya sangat senang dengan hasilnya sebagai cocok hampir sempurna, bantalan slip mulus di atas area tempat duduk pada poros tanpa diamati beralih. Konsentrisitet lebih baik dari 1/100mm. Saya hanya harus mencari tahu di mana aku bisa sandblast roda turbin untuk menghapus jelaga dibakar-on, yang tersisa dari kehidupan sebelumnya di turbocharger.
Saya juga meluruskan baling-baling ini NGV radial, tapi saya pikir saya akan menggunakan yang baru karena ini adalah salah satu "terpanas" komponen dalam mesin dan aku benar-benar tidak ingin gagal

Ini adalah pompa roda gigi kecil saya berniat untuk menggunakan untuk menekan bahan bakar. Aku tidak mendapatkan pompa asli dengan mesin beacause pemilik sebelumnya menyimpannya untuk penggunaan dalam proyek yang berbeda. Pompa ini dipasok oleh Franz Kavan dan dinilai pada 12V. Namun aku harus mencari tahu apakah itu cukup kuat untuk menghasilkan tekanan yang dibutuhkan.
Dan sekarang untuk beberapa elektronik halus dan beberapa patch mentah
Itu papan digital dari Jettronic UNI-1, dibuat oleh CAT (ya, orang-orang yang membuat JetCat), yang saya punya bersama dengan mesin. Controller adalah sebuah 80C552 Philips dan dilengkapi dengan EPROM dan 64KB RAM 32kB. Jadi mikro ini harus lebih dari mampu membuat ECU super canggih.

Seperti biasa, tidak ada cahaya tanpa bayangan. Dewan OPTO-isolator untuk interfacing ke peralatan
 R / C lebih dari mimpi buruk. Saya tidak akan mempercayai model mahal saya untuk bencana seperti ini. Hampir semua kabel dicetak melalui tergores dan diarahkan secara berbeda dengan menggunakan kawat-membungkus kawat. Kawat ini tidak dijamin, meskipun, dan solder pada papan kuda-kudaan hanya dapat disebut bencana!

Saya akan mendesain ulang ini papan kuda-kudaan dan menggantinya, jadi saya tidak perlu khawatir tentang hal ini.
Saya berharap CAT tidak akan memberikan sesuatu seperti ini saat ini lagi, kalau tidak mereka tidak akan begitu sukses whith mesin JetCat mereka.

Disisipkan 2000/12/31 -------------------------------------------- --------------------------------------------

Berikut adalah gambar dari papan OPTO-isolator kuda-kudaan diganti untuk meningkatkan kehandalan.
 Saya ditempatkan di sini untuk perbandingan yang lebih baik, meskipun tidak sesuai dengan urutan kronologis. Dewan ini terbuat dari bahan PCB 0.5mm epoksi, tembaga sisa digiling di pabrik kecil pergi CNC saya untuk membentuk trek tembaga. Ini mungkin bukan cara yang paling ekonomis untuk membuat PCB, tapi aku sangat menyukainya karena aku tidak akan membutuhkan semua kimia diperlukan untuk proses etsa konvensional. Juga waktu dari CAD untuk bagian selesai jauh berkurang (terutama untuk proyek-proyek kecil seperti), dan pengeboran dan pemotongan juga dilakukan oleh pabrik.



Hanya menemukan contoh lain untuk desain sirkuit yang buruk - di papan OPTO-isolator ditambal dua resistor pull-down 8.2kOhms. Hal ini setidaknya tidak biasa untuk menggunakan pull-down pada TTL / CMOS input digital dan untuk menarik sinyal tinggi aktif. Biasanya itu dilakukan sebaliknya, tapi kurasa sinyal terbalik diperlukan untuk memicu beberapa interupsi atau pulsa-lebar timer dengan benar (seri mikrokontroler MCS51 tidak dipilih fitur perangkat lunak-lereng atau polaritas dari fungsi eksternal). Tapi seperti aku mengganti semua komponen dengan jenis SMD dan tidak memiliki 8.2k berguna, saya hanya memilih 10k, biasanya ini seharusnya tidak masalah sama sekali. Kau yakin aku benar-benar takjub ECU tidak mengenali sinyal dari penerima. Jadi saya memeriksa sirkuit dengan lingkup dan menemukan bahwa pull-down resistor terlalu besar. Tetapi menggunakan nilai-nilai yang begitu dekat ke titik di mana seluruh ECU menjadi inoperational adalah gangguan dengan bencana. Semikonduktor sangat rentan terhadap suhu, sehingga terbang dalam kondisi sangat dingin atau parkir model di bawah sinar matahari langsung mungkin cukup untuk menyebabkan masalah. Saya memutuskan untuk memilih sebuah resistor yang setidaknya dua faktor di bawah nilai kritis, dalam hal ini 4.7kOhms kasus. Aku memeriksa gelombang pada ruang lingkup karena gangguan atau "putaran" lereng, tetapi menemukan hal yang akan sangat bagus. Mungkin aku harus menginformasikan CAT kekurangan dari desain - siapa tahu?

2001/1/9 Markus Zipperer dari CAT menjelaskan kepada saya bahwa Jettronic Aku punya dibangun 1997 dalam jumlah sekitar 20 buah dan menjalani desain ulang menyeluruh sesudahnya. Jadi hari ini adalah versi lebih kecil, lebih ringan dan lebih handal - seperti yang saya harapkan ;-).

Ditambahkan 2000/12/15
Hari ini saya hanya bisa meluangkan waktu untuk pasir exhaust nozzle mesin di bubut saya. Sedikit kerja dan efek banyak, itu cara saya seperti itu ;-). Sebelum pengamplasan itu berkarat blackly seluruh, mungkin karena sidik jari dan panas. Ini pasti akan mengotorkan lagi setelah mesin berjalan tapi aku akan menghapus semua sidik jari sebelum masing-masing berjalan (jika saya tidak lupa) sehingga akan mengotorkan sama. Setelah pengamplasan sangat penting untuk membersihkan tempat tidur mesin bubut secara menyeluruh untuk menghapus semua deposito abrasif untuk mencegah kerusakan dari mesin bubut.

Ditambahkan 2000/12/19
Hari ini saya mendapatkan kembali roda turbin dari seorang teman saya yang sandblasted di kantor.

Di sebelah kiri duduk roda turbin yang rusak, yang bersih dibandingkan dengan roda diselamatkan dari turbocharger Garrett T3. Sekarang terlihat seperti baru. Masih saya harus memeriksa berapa banyak keseimbangan dipengaruhi oleh sandblasting tersebut.




Ditambahkan 2000/12/29
Kemarin saya memperoleh beberapa steel 0.6mm (V2a) kawat untuk membuat pagar dari turbulensi. Saya menggunakan bor tangan listrik dengan kontrol kecepatan elektronik untuk memutar tiga kabel bersama-sama. Memasukkan ke dalam lubang dalam pemasangan kancing cukup sulit untuk dicapai, jauh di dalam ruang pembakaran.

Akhirnya saya melakukan beberapa perlakuan panas untuk mencari tahu apakah ada masalah ketika kabel berkembang selama operasi mesin, sehingga mereka sudah sedikit berubah warna.

Bakar tersebut seperti yang terlihat dari sisi kompresor. Ujung-ujung pagar turbulensi hanya membungkuk untuk menjadi ketagihan bersama. Desain asli adalah sama.
Bakar tersebut terlihat dari luar. Cincin di dinding ruang bakar di latar depan menerima steker cahaya.

Ini adalah nosel asupan dan diffusor kompresor. Sangat beautyfully mesin bagian! Tabung proyeksi dari nosel asupan berisi katup bola dan panduan mulai udara dari tangki scuba ke cincin nosel awal, yang merupakan bagian integral dari intake.



Pusat diffusor memegang segel karbon (nyaris tak terlihat) untuk mencegah udara kompresor pengiriman dari bocor ke daerah antara roda kompresor dan diffusor.

Gambar ini menunjukkan sisi lain dari nosel asupan dan diffusor kompresor. Baling-baling diffusor adalah mesin dari sepotong tunggal aluminium, dan pada lingkar deretan kedua dari baling-baling meluruskan berada.

Pada nosel asupan tiga lubang udara mulai hanya terlihat. Tekanan udara yang tinggi diterapkan pada pelabuhan udara mulai impinges ke baling-baling dari roda kompresor dan berputar ke atas rotor hingga 20krpm. Dengan ruang bakar mesin pembakaran maka akan mencapai kecepatan mandiri.
Dan satu gambar rotor, kali ini dirakit dengan terowongan poros.

Ditambahkan 2001/01/07

Akhirnya suku cadang tiba! Segera saya dihentikan setiap pekerjaan lain untuk melanjutkan pekerjaan pada mesin Sophia saya (cukup sulit untuk menjelaskan kepada teman gadis itu ada sesuatu yang harus dilakukan paling mendesak ;-).

Dan sekarang lagi beberapa gambar:
Ini adalah komponen yang telah diubah atau telah diperlukan perbaikan. Kedua komponen yang lebih rendah membentuk sistem nozel panduan untuk turbin dan terutama cor komponen mesin yang telah sesudahnya. Roda turbin masih harus tanah untuk untuk masuk ke knalpot panduan sistem radial kafan. Jadi saya lampiran pemasangan mesin kecil untuk Dremel kecil bor-saya sehingga ia akan masuk ke pemegang alat pada mesin bubut saya. Butuh sekitar tiga penggiling,
 tapi akhirnya roda cocok dengan kain kafan.
Ini adalah gambaran dari diffusor kompresor dengan terowongan poros sudah di tempat bersama dengan kelengkapan bahan bakar dan minyak, dan pembakar dengan sistem panduan pembuangan (hanya untuk memastikan bagian-bagian sesuai dengan benar).

Setelah itu saya menghubungkan gear pompa Kavan ke inlet bahan bakar dan memeriksa nozel.
 Pada awalnya seolah-olah tiga nozel benar-benar tersumbat dan dua lagi setidaknya sebagian. Setelah sekitar setengah liter minyak tanah pergi melalui mereka, tampaknya nozel menjadi lebih baik dan lebih baik, dan akhirnya semua dari mereka meniup kabut bahan bakar dikabutkan beautyfully. Tapi kurasa sebelum aku mulai mesin untuk pertama kalinya saya akan memompa lima liter melalui nozel untuk memecahkan semua deposito dan mencuci mereka keluar. Lalu aku bisa mengambil beberapa gambar dari sistem injeksi bekerja.
Di sini Anda dapat melihat ruang kecil di antara kapal ruang bakar dalam dan luar di mana bahan bakar diinjeksikan. Ketika masing-masing dengan benar dirakit nozel bakar terletak berdekatan dengan salah satu lubang udara kecil di flens kapal pembakar luar. Udara inrushing membantu proses atomisasi.

Binatang itu mulai lebih dan lebih terlihat seperti mesin jet ;-). Di sini NGV aksial dan roda turbin yang melekat pada perakitan terowongan /


kompresor poros diffusor untuk menunjukkan orientasi masing-masing. Untuk perakitan akhir liner pembakar luar harus dimasukkan terlebih dahulu.

Berikut inti mesin ditunjukkan dengan ruang pembakaran di tempat sepenuhnya. Di sebelah kanan duduk penutup mesin luar.
Apa kompresor cari yang lucu! Kabinet mesin tertutup, hanya penutup kompresor dan exhaust nozzle perlu dilampirkan. Sayangnya beberapa sekrup tampaknya akan hilang, jadi saya akan harus mencari sumber untuk M2.5 sekrup inbus steel. Satu hal yang membuatku khawatir lagi adalah bahwa saya memiliki satu sekrup M3 kiri dan aku tidak tahu di mana tempatnya. Tapi seperti saya menerima mesin dibongkar dengan baik dapat menjadi mungkin bahwa beberapa sekrup telah dipertukarkan tidak sengaja.













Oh well, di sini adalah keindahan. Beberapa sekrup masih hilang, tapi ketika aku masih harus membongkar sebagian lagi untuk menyeimbangkan rotor (ya, berikutnya adalah menyelesaikan penyeimbang saya) dan memeriksa injector sekali lagi, saya tidak repot-repot tentang ini saat ini. Saya kira salah satu gambar berikutnya akan Sophia berjalan, mungkin aku juga akan merekam suara-suara, atau jika seorang teman saya borroughs camcorder, aku akan menerbitkan sebuah video singkat untuk di-download.

Ditambahkan 2001/01/30
Hari ini saya dibongkar J-450 sekali lagi untuk mencapai final menyeimbangkan roda turbin (seperti yang saya baru saja selesai penyeimbang saya) dan untuk memeriksa nozel injeksi untuk atomisasi yang sama. Ini adalah gambar dari sistem bahan bakar bekerja saya berjanji beberapa waktu lalu. Itu adalah pengalaman yang luar biasa berantakan, aku berjanji, Anda tidak akan ingin bau ini. Gambar ini diambil kira-kira setengah detik setelah mengaktifkan pompa bahan bakar, Anda dapat dengan mudah membayangkan clowd kabut minyak tanah setelah sepuluh detik operasi. Saya menemukan dua dari nozel bahan bakar yang akan sebagian tersumbat (atomisasi cukup),



dan pembersihan dengan kawat tipis melalui lubang nosel tidak akan menyelesaikan masalah. Apa yang saya temukan cukup efektif adalah jarum suntik kecil, diisi dengan aseton dan dilengkapi dengan selang karet silikon di ujung. Selang ini kemudian ditekan pada nosel dibersihkan dan aseton dikeluarkan. Aseton dibiarkan bertindak atas deposito selama satu menit dan kemudian pompa bahan bakar diaktifkan. Dengan cara ini saya punya semua injeksi bahan bakar gratis. Saya berharap mereka akan tinggal gratis selama operasi, tapi aku berlari sekitar lima liter minyak tanah melalui mereka tanpa masalah, jadi saya rasa mereka akan bekerja baik-baik saja asalkan ada filter di saluran bahan bakar. Gambar berikutnya akan menjadi salah satu dari turbin (berjalan?)

Nah, itu saja untuk hari ini, lebih untuk mengikuti ketika kemajuan dimulai. Jadi silakan menantikan!

0 komentar: