* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

TV SANYO hidup bentar lalu mati

On 0 komentar

Kemarin ada servisan tv sanyo milik Mbah Wantho, Sepat Kalijirak. chasis AC7A, single processor QXXAVC-896. Tv ini problemnya ketika dihidupkan bisa hidup kira-kira 5 detik lalu mati protek. Setelah ku buka casing dan aku bersihkan, langkah pertama secara visual tidak ada komponen yang mencurigakan. Lalu aku solder ulang di semua titik yang rentan, regulator,vertical, horizontal  dan IC procesornya aku blower karena ini IC SMD dan kakinya sangat kecil-kecil dan berdeketan. Ternyata setelah aku coba tidak membuahkan hasil.
Pengecekan terus berlanjut. Semua tegangan normal, semua komponen regulator, horizontal vertical masih ok. “Bandel amat nih tv”pikirku, aku coba browsing & googling tidak mendapat petunjuk.  Pussiiing…..akhirnya aku rehat dulu sambil ngopi biar fres lagi.
Pengembaraan berlanjut 2 hari kemudian, tentunya dengan jurus baru.Aku pelajari skema yang baru aku download, ternyata pin protek tv jenis ini ada di pin nomer 72 tegangan disaat normal minimal 2vollt. Langsung saja aku melakukan penelusuran, dan ternyata benar saja pada pin nomer 72 tegangannya 0 volt. Langsung saja solusinya sya putuskn R473 yang nilainya 220K.

Dengan perasaan dag dig dug ku coba nyalakan tv.. …akhirnya takluk juga nih tv, trus runing test  beberapa jam masih ok, aku tutup czsingnya. Alhamdulillah….

0 komentar: