* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC


I.PENCARIAN KOMPONEN SHORT
Sebelum menganalisa permasalahan Motherboard Mati total hal yang pertama yang kita lakukan adalah memastikan kondisi motherboard dalam kondisi short atau tidak,yaitu dengan menggunakan adaptor yang memiliki lampu indikator pada adapter(jangan lupa melepas battery c mos sebelum memulai analisa).Gejala motherboard short ialah pada saat adapter dipasang pada mobo,adapter berkedip atau mati atau meredup.
Cara lain menentukan motherboard dalam kondisi short yaitu mengukur tegangan V_in pada jack positif pada mobo (probe hitam pada casis/gnd...probe merah pada jack Plus)jika multimeter nol,atau turun naik baik pada avo digital maupun pada avo analog(jarum tunun naik).
catatan:Pastikan adapter yang digunakan dalam keadaan baik.
Jika analisa memastikan kondisi mobo dalam kondisi short ,hal yang perlu kita ketahui adalah power sequence atau urutan power komponen pada mobo yaitu dengan melihat skema mobo yang bersangkutan.jika skema belum didapat cara lain melihat power sequence yaitu dengan melihat layout umum susunan power Laptop mothterbord :

Terlihat jelas susunan dari jack power ke dioda/transistor pembagi melewati battery ic dan diteruskan ke dc/dc power suplay PU.
jiika memiliki skema kita bisa langsung melakukan pencarian komponen short berdasarkan urutan/susunan komponen yang bearada pada jalur/konduktor power suplay.

jika tidak memiliki skema,pertama2 kita mendata komponen berdasarkan klasifikasinya dengan melihat general layout power .mengidentifikasikan power komponen yang berada dalam jalur power general layout pada mobo yang bersangkutan.
dimulai dari Jack power perhatikan disekitar jack +memiliki hubungan ke komponen apa dengan melihat jejak jalur pada sirkuit.biasanya ke komponen dioda ,mosfet pembagi,fuse atau resistor.

lakukan metoda yang sama pada pencarian skema diatas ,walaupun sedikit meraba-raba tanpa skema tetapi komponen power umumnya sesui dengan komponen diatas dengan kode komponen yang ditambahkan dengan hurup P menandakan komponen adalah bagian dari komponen power suplay.contoh PQ =Power transistor,PC=Power Capasitor,PR =Power Resistor atau PD=Power Dioda.

Lakukan identifikasi PU dengan melihat bentuk fisik PU pada mobo yang bersangkutan.catat serial icnya dengan melihat datasheet pada link all datasheet.

Untuk mempermudah Pencarian kita harus mengetahui inti dari permasalahan Short(arus pendek) pasti berkaitan dengan masalah power,short disebabkan terhubungnya kutub negatif dan positif pada konduktor circuit ataupun komponen pada circuit.untuk mempercepat identifikasi komponen yang short,kita hanya mencari pada komponen power modul saja.
kenali komponen power yang sering ditemukan menjadi penyebab short
Catatan :Perlu mengidentifikasikan fisik komponen yang dicurigai rusak,retak,terbakar,korosi ,berkarat dll untuk mempercepat pencarian komponen penyebab short.
Penyebab short tidak hanya disebabkan oleh komponen,tetapi juga dapat disebabkan intermiten pada circuit board.
Kaa t"intermittent/terputus" dalam perbaikan elektronik artinya adalah: kadang-kadang peralatan akan bekerja dan terkadang tidak. Masalah intermiten bisa terjadi dalam konduktor apapun dan dalam setiap sirkuit. Bila ingin melihat kesalahan (misalnya, kadang display kadang tidak) Laptop bekerja dengan baik sepanjang hari tanpa masalah dan dapat berlangsung selama seharian dan tidak memiliki kesempatan untuk melihat kesalahan. Namun, adakalanya Laptop tidak bekerja sama sekali.


Masalah dapat  disebabkan karena dry joint, trek rusak, sambungan longgar /retak/buruk di area konduktor atau jalur.Bad  komponen /crash dan dll .Ini adalah permasalahan yang telah menyebabkan banyak elektronik Repairers menjadi frustrasi dan jika tidak memiliki cara yang lebih baik untuk memecahkan  masalah, mungkin akan kehilangan waktu berharga  .


II.PENCARIAN KOMPONEN RUSAK/PUTUS PENYEBAB MATI TOTAL.

Sebelum melakukan pencarian hal yang pertama adalah memastikan Bios file dan ic  dalam keadaan baik.berhubung bios memiliki relay power management,permasalahn file bios atau icnya rusak dapat menjadi penyebab laptop mati total(sementara kontribusi tegangan mengalir keseluruh konduktor dan komponen mobo.
Seperti halnya pencarian mobo short,pencarian komponen mati juga membutuhkan skema jalur komponen power suplay dan mengenal General Layout power bagi mobo yang belum memiliki skema.
Perbedaannya pada mobo mati .kita dapat melakukan pencarian lebih mudah karena adapter dapat dipasang terus menerus selama pencarian(kecuali pada saat pelepasan dan pemasangan komponen)sehingga kita mengetahui bahwa pada komponen yang dilalui tegangan menyatakan komponen yang sebelumnya berfungsi dengan baik.

berbeda dengan mencari komponen short yaitu dengan melepas komponen yang dicurigai penyebab short atau di jalur penyebab short,pencarian komponen mati dilakukan dengan pengukuran.


cara pengukuran diatas adalah pengujian pada komponen tanpa power atau tidak terpasang pada motherboard.
berikut cara mudah mengukur komponen yg baik pada saat mobo dialiri power (adapter terpasang) :

1.Dioda (arus searah) probe hitam pada casis ,probe merah pada -dioda (power in ada)probe merah pada dioda +(power out ada) dioda dalam keadaan baik.

2.Resistor(Arus searah)sama dengan pengukuran dioda (hanya berlaku untuk Power Resistor saja)

3.Mosfet .probe hitam pada casis .probe merah pada kaki 1,2,3 vol_in ada kaki 5,6,7,8 vol_out ada (P-chanel) mosfet dalam keadaan baik (untuk pengukuran power pembagi tegangan kaki 4 gate sementara kita abaikan)pengukuran yang sebaliknya untuk mosfet n-chanel)
melakukan identifikasi mosfet rusak tidaklah semudah mengidentifikasi dioda,kapasitor,atau resistor.integrated circuit ini adalah pengembangan transistor yang memiliki fitur yang banyak,tidak hanya sebagai  power regulator,mosfet juga dapat sebagai power spliter,switching bahkan kombinasi beberapa mosfet dapat menjadi sebuah dc/dc interface yang mampu menjadi step down main power microcontroler.
Untuk mengenal mosfet lebih jauh,saya membuatkan materi khusus berikut ilustrasi gambar agar mudah dipahami cara kerjanya,metoda pengukurannya sehingga mudah mengidentifikasikan kerusakan pada komponen.

Pada saat kita sudah menemukan permasalahan pada circuit board atau komponen,masalah lain yang sering dihadapi adalah menemukan part komponen sebagai pengganti,keterbatasan smd komponen .Berbeda dengan komponen elekronic lainnya yang banyak dijual di toko toko penyedia komponen elektronik,smd komponen terkadang menjadi suatu benda yang sangat langka dan sulit untuk dicari.menyikapi kondisi ini,alternatif penggantian komponen ialah dengan mencari komponen subtitusi (komponen pengganti).bagaimanakah cara menemukan komponen subtitusi tanpa menimbulkan masalah baru.


Penting melakukan identifikasi PU dengan melihat kode pada komponen PU yang kita yakini sebagai dc/dc power suplay pada datasheet .
dengan melihat datasheet kita dapat menentukan fungsi kaki kaki PU untuk melakukan pengukuran .untuk mengetahui PU dalam keadaan baik atau rusak,cukup kita mengetahui dan mengukur tegangan pada kaki Vol_in dan Vol_out.jika vol_in (power masuk) ada pada kaki pu sementara vol_out(Power keluar)tidak ada dapat kita pastikan PU dalam kondisi rusak.
Jika Vol_in tidak ada sudah pasti Vol_ouynya tidak ada pula.sebaiknya kita mencari sumber power suplay PU berasal dari komponen mana agar dapat melakukan pengujian kepada komponen tersebut baik atau tidaknya agar dapat memberikan suplay kembali kepada PU dc/dc power suplaynya.

0 komentar: