* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

Cara Kerja dan Fungsi VGA Card

On 0 komentar


VGA (video graphic array) dipergunakan untuk menghubungkan antara motherboard dengan monitor yang digunakan, dengan kata lain mengubah sinyal digital pada komputer menjadi tampilan grafik dilayar monitor. Baik dan tidaknya gambar yang ditampilkan tergantung dari kartu grafik (VGA) yang digunakan, sehingga untuk memilih kartu grafis yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis monitor yang digunakan. Untuk pemasangan kartu grafis pada motherboard dapat disesuaikan dengan tipe slotnya, yaitu slot ISA, slot PCI, atau slot AGP.

Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game. VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis.


VGA terdiri dari ada yang berupa slot tambahan yang disebut sebagai VGA card ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board. VGA Onboard tak perlu dibahas karena sudah menjadi satu dengan chipset southbridge atau chip sendiri namun menjadi satu dengan motherboard. Sedangkan VGA tambahan disebut VGA card krn perangkat keras ini memang berbentuk spt kartu yg ditancapkan pada motherboard melalui slot yang diperuntukkan khusus bagi VGA. Pada masa lalu, port ini ikut dalam port ekspansi PCI, kemudian ada port khusus AGP dan sekarang ini hampir semua VGA card menggunakan port PCIe atau PCI Express.

VGA card terbahagi kepada dua jenis mengikut bentuknya, iaitu VGA card on board dan VGA card add-on. VGA on board boleh anda jumpai di semua motherboard apabila anda membeli komputer atau laptop kerana sudah menjadi satu pakej. VGA ini dapat anda gunakan untuk memaparkan output pada skrin monitor dengan baik. Sebenarnya jika tidak melakukan pemprosesan grafik peringkat tinggi, kita tidak memerlukan VGA card add-on. Jika anda merasa VGA card on board anda kurang maksimum atau kurang canggih, anda boleh menambah VGA card add-on. Hal ini utamanya bagi anda para desainer grafik, editor filem dan juga pemain game 3D.

0 komentar: