* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC


Trik kali ini adalah tentang Cara Mengatasi Monitor LG 710S Mati. Bagi anda yang masih senang otak atik elektronika ataupun bagi anda yang awam sekalipun, Cara Mengatasi Monitor LG 710S Mati ini bisa coba anda kerjakan di rumah jika anda mengalami hal ini.

Ketika monitor LG 710S dihidupkan dari tombol power, kadang-kadang perlu beberapa kali menekan tombol power sampai monitor bisa hidup dengan normal. Kalau kondisi kerusakan sudah cukup parah, maka ketika monitor LG 710S dihidupkan, layar tidak akan tampil sama sekali alias mati, dan lampu power berkedip cepat atau kadang mati total.

Kerusakan Monitor LG 710S Mati disebabkan oleh dropnya tegangan 5 volt untuk IC chroma atau IC program. Dropnya tegangan 5 volt ini menyebabkan IC chroma tidak bekerja dengan baik, padahal semua pengaturan monitor LG 710S ini ada di IC chroma ini. Akibatnya monitor LG710S ini menjadi mati atau kdang-kadang mati.

Untuk mengatasi monitor LG 710S mati, peralatan yang dibutuhkan antara lain :
Obeng plus
Solder
Gunting
Timah
Cara Mengatasi Monitor LG 710S Mati :

Buka tutup monitor dengan membuka kedua sekrup dibawah dan ada 2 kait di bagian atas. Untuk kait yang ada di atas, gunakan gunting untuk menekan kedalam kait tersebut, kemudian angkat tutup monitor LG 710S ini.
Setelah Monitor LG 710S ini terbuka, buka juga besi alas board monitor, sehingga board bisa dicek jalur PCBnya.


Cari jalur 5 volt keluaran dari trafo power suply, di situ anda akan menemukan elco 1000 uF/10v atau 1000 uF/16v setelah dioda dari trafo power suply. Elco itulah yang biasanya menyebakan Monitor LG 710S mati, karena elco sudah kering atau melembung.

Lihat kondisi fisik elco tersebut, biasanya melembung tapi kadang juga tidak kelihatan melembung.
Ganti aja elco tersebut, pastikan letak kaki posif negatifnya benar, sebelum melepas elco lama perhatikan posisi kakinya. Bagian badan elco yang ada garis panahnya itu menunjukkan kaki negatif yang mendapat jalur groun di PCB.
Monitor LG 710S siap dicoba dan harusnya monitor ini akan dapat hidup dengan normal.
Kembalikan semua tutup dan alas seperti semula.
Demikian Cara Mengatasi Monitor LG 710S Mati, dan selamat mencoba!

0 komentar: