* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

Servis LCD laptop

On 0 komentar

 Monitor anda rusak
Terima Service LCD - Monitor:
- Mati total
- Gambar / Warna kabur / buram
- Bayangan
- Gelap
- Kesemutan
- Bergaris
- Ada matahari

Mengenai harga bervariasi tergantung kerusakan,
Min Charge Rp. 100.000,- (Tanpa konfirmasi ke cust),
Jika ada pergantian hardware dan harga diatas min charge akan kita konfirmasi ke cust,
Waktu pengerjaan lebih kurang 2 hari
Cancel / Gagal Service - No Charge / Tidak di kenakan biaya.


NB: Juga ada terima service CPU / Laptop / Iphone
Kami tidak bertanggung jawab atas data yg ada pada media penyimanan seperti HDD, FlashDisk, SSD, Memory Card, dll

Lokasi : Taramann, sidoharjo, sragen ( barat lapangan taraman )
Contact Person / Hubungi :
Sekawan servis :   
    Ada beberapa data kerusakan pada LCD Monitor yg perlu anda ketahui:

- POWER SUPPLY: memberikan tegangan Vdc dan arus listrik tertentu yang sangat stabil untuk bagian Inverter dan Mainboard LCD serta Panel LCD. Kerusakan pada power supply / adaptor dapat menyebabkan :
LCD mati,
nyala sebentar lalu mati,
lampu nyala tapi tidak tampil gambar,
kalau sudah lama (1-2 jam), lalu mati,
nyala bagus, kalau dimatikan tidak bisa dihidupkan lagi,
tampilan kadang bagus, kadang tidak bagus.

- MAINBOARD: memproses sinyal input RGB dan Sync H/V, mengolah resolusi dan matriks gambar yang tepat pada panel LCD, mengendalikan lampu backlight dan Inverter. Kerusakan pada mainboard dapat dilihat dari gejala seperti, lampu power nyala, tapi .. :
tidak ada tampilan gambar,
tampilan hanya ada pada resolusi tertentu,
ada tampilan, lalu hilang kalau sudah nyala agak lama,
ada tampilan 'No Signal .. ' atau 'Input Resolution is out of range' dll saat kabel vga tidak dihubungkan,

- INVERTER: mendapat suplai daya dari power supply / adaptor, menghasilkan tegangan tinggi pada lampu backlight untuk menerangi LCD. Kerusakan pada Inverter dapat menyebabkan :
tidak ada tampilan,
nyala sebentar lalu mati,
ada tampilan, tapi gelap sekali,
lampu power kedap-kedip, dan dapat menyebabkan power supply ikut rusak,
tampilan kedap-kedip, terang gelap,
PERHATIAN : Tegangan Inverter sangat tinggi, dapat membahayakan keselamatan
jiwa bila tidak ditangani secara profesional atau oleh ahlinya !!!


- PANEL LCD: sebagai penampil gambar yang menggunakan teknologi crystal cair (Liquid Crystal) maupun pengembangannya, merupakan bagian part yang paling mahal dari sebuah LCD Monitor. Kerusakan pada panel LCD ini, antara lain seperti :
dead pixel, ada satu atau beberapa pixel mati maupun nyala terang yang tidak dapat berubah sesuai gambar tampilan layar,
tampilan bergaris tidak ada gambar,
tampilan bergaris berubah-ubah tempat,
tidak ada tampilan
terang, tapi tidak ada tampilan
Indikator Kerusakan pada Laptop:

Ada beberapa indicator kerusakan pada Laptop yang biasanya kita jumpai. Dengan membuat alur dalam menentukan jenis kerusakan tentukan akan mempermudah untuk memperbaiki kerusakan secara cepat.

Biasanya ada beberapa ciri-ciri yang dapat kita jumpai sebagai tahapan awal didalam pengerjaan servis laptop, yaitu antara lain :

- LCD   
Layar Tidak Nampak, menyala tapi keluar garis garis vertical, tampak block hitam, gambar tidak simetris / acak. Pengerjaan awal : coba cek dulu konektor ataupun soket-soket yg berhubungan dengan monitor.

- Keyboard   
Beberapa tuts tidak berfungsi, keluar bunyi beep panjang pada saat laptop dinyalakan, cursor berjalan tidak stabil / bergerak sendiri. Kerusakan yang lebih parah : biasanya konslet dan ini menyebabkan computer setelah booting, restart-restart

- Memory   
Pada saat computer dihidupkan tidak tampak tampilan sama sekali, blue screen pada saat mulai loading Operating System. Bisa juga keluarga suara beep berulang-ulang

- Motherboard / IC regulator   
Dihidupkan agak sulit, batere tidak mau discharge, Mati Total. Indikator charger nyala setelah dilakukan pengecasan lampu indicator pada charger mati (konslet). Jadi terjadi arus balik pada powernya…. Sering terjadi

- Charger   
Batere tidak mau di charge, tidak ada indicator masuk power, laptop di charge posisi hidup malah kemudian mati. Layar bergetar tidak stabil.

- DVD / CD room   
Tidak mau membaca CD, indicator CD off

- Hardisk (2.5)   
Loading data / System lambat, berbunyi tidak normal, dll

- Chipset / VGA   
Layar tidak tampil, kalaupun tampil tidak mau akses ke Bios. Ada terdengar suara beep secara beraturan.


Diatas Merupakan kerusakan kerusakan yang sering terjadi di laptop secara hardware, Jika secara Software biasanya pemicunya ada 2 :
1. Virus
2. Human Error ( File system terhapus secara sengaja atau tidak )

Biasanya ciri2nya kerusakan pada software :
1. Tidak mau booting ke OS
2. Pada Loading awal desktop banyak informasi error
3. Proses Loading sangat Lambat
4. Tidak bisa membuka Aplikasi
5. Flasdisk Tidak bisa di baca
6. Folder Option pada Explorer Tidak bisa di buka
7. File regedit tidak bisa di eksekusi

================================================== ===========================================

Kerusakan Umum Note Book
Berikut kami memberikan list daftar kerusakan yang sering terjadi dengan notebook, diantaranya yaitu:

1. Battery Pack Drop.
Umumnya battery pack notebook rata-rata dapat di gunakan selama 2-3 jam (jenis Lithium ION ). Ternyata setelah di pakai, battery hanya tahan di gunakan selama 1 (satu ) jam atau mungkin kurang. Jika ini yang terjadi, berarti battery pack telah rusak atau biasa di sebut dengan istilah”drop”. Over charge adalah penyebab utama sel battery rusak. Perhatikan indikator battery pada notebook. Jika battery telah penuh terisi, segera plug out adaptor dari notebook. Usahakan battery pack di gunaka secara teratur(charge hingga penuh, lalu discharge hingga habis). Misalkan anda berencana untuk tidak menggunakan battery dalam jangka waktu lama, sebaiknya discharge dulu battery pack hingga habis, lalu lepaskan dari notebook anda.

2. No Display/Blank.
Keadaan dimana notebook saat di nyalakan(switch ON) tidak menampilkan gambar apa-apa pada layar/screen, sedangkan LED indikator Power ON, Battery Charge atau harddisk menyala normal. Ini terjadi jika notebook mengalami kerusakan pada memori card atau ChipSet di Motherboard. Kalau hanya sekedar memori card yang rusak, tentu bukan hal yang membuat kepala pusing. Kita tinggal melepas dan mengganti dengan memori yang baru. Lain halnya jika kerusakan yang terjadi ternyata pada ChipSet (northbridge/southbridge atau VGA ChipSet).ChipSet ditanam langsung pada Motherboard (onboard) dan tidak untuk di lepas-lepas. Kerusakan sering diakibatkan oleh pemakaian notebook yang terlalu lama. Perhatikan baik-baik sistem pendingin (coolingFan) di notebook anda, apakah bekerja dengan baik atau tidak. Anda dapat menambahkan sebuah CoolingPad agar notebook tidak terlalu panas.

3. No Power / Mati total.
Notebook dikatakan no power/ mati total jika saat tekan switch ON, notebook tidak merespon apa-apa. Jika di perhatikan, LED indikator pada notebook tidak ada yang menyala. Jangan anda terus – menerus mencoba menekan switch ON dengan harapan notebook akan menyala, kerusakan bukan pada komponen switch, melainkan pada power controller di Motherboard. Ada beberapa faktor penyebab utama dari kerusakan ini, antara lain:

* Tegangan keluaran adaptor notebook tidak stabil (ini terjadi pada adaptor yang mengalami kerusakan)

* Pemakaian Notebook yang terlalu lama

* Over charge battery pack

* Penggunaan battery pack yang telah drop/ rusak
Komponen Baterai Laptop

Komponen laptop yang paling mudah rusak dalam pemakaian normal harian adalah baterai! Apa yang salah? Semua instruksi dari buku panduan pengguna telah di ikuti dengan hati-hati tapi dari semua komponen laptop, tetap saja komponen baterai yang paling rentan untuk rusak atau punya performa yang semakin memburuk seiring dengan berjalannya waktu. Baterai merupakan komponen yang cukup penting dari laptop. Apabila laptop tanpa baterai sama saja bukan laptop karena tidak mobile.

Ada beberapa pertanyaan berkaitan dengan baterai :
1. Saya baru pakai 3 bulan/1tahun kok baterai sudah tidak bisa dipakai
2. Baterai saya charge kok tidak penuh2x hanya sampai xx%
3. Lampu charge baterai menyala tetapi kalau adaptor di cabut laptop ikut mati / baterai tidak berfungsi normal.
4. Baterai saya simpan (tidak dipasang di laptop) setelah beberapa waktu kok tidak bisa dipakai lagi. Karena KATA ORANG : Kalau baterai mau awet lebih baik dicabut.
5. Dst

Ada 2 komponen utama baterai yaitu :
1. CELL LITHIUM
• Tempat menyimpan energi
2. BOARD BATTERY
• Yang mengatur arus, menyimpan DATA/informasi dari CELL LITHIUM. Hal ini dikarenakan LIthium bahan tidak dapat mengendalikan diri sendiri dan mudah meledak , beda dengan NI-CD. Sehingga harus di monitor panas, arus yg lewat (I), tegangan (V), charging time, etc.

Penjelasan Singkat :
1. Baterai dipakai BUKAN BERDASARKAN WAKTU (hari, bulan, tahun), tetapi di-DIHITUNG berdasarkan CYCLE CHARGE-DISCHARGE, setiap satu cycle kemampuan berdasarkan kalkulasi BOARD BATTERY akan berkurang, bukan kemampuan cell baterai. Dimana BOARD BATTERY ada batasan minimum kemampuan baterai yang diperbolehkan. Pada umumnya baterai bisa sampai 300-600 cycle. Jadi kalau dalam satu hari melakukan 30 cycle, kurang lebih baterai dalam 10 hari akan drop

2. Kenapa tidak penuh2x, karena Current Capacity di BOARD BATTERY tidak sinkron/SAMA dengan perhitungan Arus dan Voltage CELL BATTERY (CELL IMPEDANCE). Ada beberapa type yang bisa di kalibrasi ada yang di LOCK oleh MANUFACTURE BATTERY (Bukan Manufacture laptop).

3. Kondisi ini biasanya karena SAFETY CIRCUIT di BOARD BATTERY sudah rusak, bisa di akibatkan over current (I), over voltage (V) maupun heat atau panas. Dan didalam BOARD BATTERY terdapat safety circuit 3 lapis dan CUKUP CERDAS.

4. Didalam BOARD BATTERY terdapat “self discharge/day” parameter dimana apabila battery tidak dipakai akan mengurangi “Current Capacity” di BOARD BATTERY , dimana ada minimum CURRENT CAPACITY yang di ijinkan oleh BOARD BATTERY. Apabila terlalu rendah maka BOARD BATTERY akan mengaktifkan SAFETY CIRCUIT, alias bunuh diri.

Dari tahapan diatas terlihat sebenarnya masalah baterai lebih banyak di akibatkan oleh BOARD bukan CELL BATERAI. Tetapi juga harus di ingat LI-THIUM harus di monitor dengan benar proses charging dan discharging, dikarenakan sifat dari bahan tersebut mudah terbakar dan mudah meledak. Tetapi memang memiliki keuunggulan kemampuan yang lebih besar dibandingkan seri Ni-CD. Begitulah adalah hal positif menggunakan lithium tetapi terdapat pula hal negatifnya.


Kerusakan Baterai Laptop

Pada dasarnya baterai terdiri dari 2 bagian komponen pokok...:
1. Cell Baterai
2. Controler Baterai
Tanda2 kerusakan baterai, antara lain :
1. Dicash 10 menit full tapi begitu batterai dipake 10 menit pula laptop mati.
2. no charging
3. indikator charging blinking
4. dll.......

Penyelesaian dan solusi
Untuk point 1 biasa kerusakan ada pada cell baterai yang notabene cell baterai soak. Jalan keluarnya ganti cell yang soak.
Untuk point 2 ini yg agak rumit Bosss......bisa juga kerusakan terjadi pada MB laptopnya khususnya pada chipset yg menangani charging (ada banyak tipe, tergantung merk lepi), tapi tidak menutup kemungkinan sekering pada baterai putus bisa juga komponen2 sekunder lainnya pada batterai
3. Untuk point ke 3 kerusakan ini mirip dengan kerusakan printer (waste tank full) untuk istilah pada baterai cycle count, jika tanya bagai mana membetulkan waste tank full, pasti bloger semua jawabnya software resetter, yap........betul. Teman teknisi semua hanya membutuhkan 2 alat pokok untuk membetulkan kerusakan point 3 ini :

- Sebuah Interface dari komputer ke baterai, teman teknisi bisa bikin sendiri......
- setelah interface udah selesai, tinggal butuh softwarenya...saya sebut 2 dari sekian banyak pilihan.....very sorry gan..!!!

Battery EEPROM Works
AccPlus1.4


Dan setelah teman teknisi bermain2 dengan nih software, maka akan sering melihat data seperti ini:

EEPROM chip : AK6480A
Controller : M37516
FullChargeCapacity : 3600
CycleCount : 4520
ManufactureDate : 2006.3.28 (ymd)
ManufacturerName: Panasonic
DeviceName : IBM-02K6710
DeviceChemistry : LION

TAMBAHAN :

Tanya : Saya baru pakai 3 bulan/1tahun kok baterai sudah tidak bisa dipakai :
Baterai dipakai BUKAN BERDASARKAN WAKTU (hari, bulan, tahun), tetapi di-DIHITUNG berdasarkan CYCLE CHARGE-DISCHARGE, setiap satu cycle kemampuan berdasarkan kalkulasi BOARD BATTERY akan berkurang, bukan kemampuan cell baterai. Dimana BOARD BATTERY ada batasan minimum kemampuan baterai yang diperbolehkan. Pada umumnya baterai bisa sampai limit minimum 600-1200 cycle. Jadi kalau dalam satu hari melakukan 3 cycle, kurang lebih baterai dalam 300-400 hari akan drop.

Baterai saya charge kok tidak penuh2x hanya sampai xx% :
Kenapa tidak penuh2x, karena Current Capacity di BOARD BATTERY tidak sinkron/SAMA dengan perhitungan Arus dan Voltage CELL BATTERY (CELL IMPEDANCE). Ada beberapa type yang bisa di kalibrasi ada yang di LOCK oleh MANUFACTURE BATTERY (Bukan Manufacture laptop).
Lampu charge baterai menyala tetapi kalau adaptor di cabut laptop ikut mati / baterai tidak berfungsi normal :
Kondisi ini biasanya karena SAFETY CIRCUIT di BOARD BATTERY sudah rusak, bisa di akibatkan over current (I), over voltage (V) maupun heat atau panas. Dan didalam BOARD BATTERY terdapat safety circuit 3 lapis dan CUKUP CERDAS

Baterai saya simpan (tidak dipasang di laptop) setelah beberapa waktu kok tidak bisa dipakai lagi. Karena KATA ORANG kalau baterai mau awet lebih baik dicabut :
Didalam BOARD BATTERY terdapat “self discharge/day” parameter dimana apabila battery tidak dipakai akan mengurangi “Current Capacity” di BOARD BATTERY , dimana ada minimum CURRENT CAPACITY yang di ijinkan oleh BOARD BATTERY. Apabila terlalu rendah maka BOARD BATTERY akan mengaktifkan SAFETY CIRCUIT, alias bunuh diri

0 komentar: