* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

Googel - mesin pencari
Era baru dalam penyebaran informasi membawa halaman web menjadi sangat populer. Angka milyaran halaman web yang tersebar diseluruh pelosok dunia menjadi bukti nyata bahwa masyarakat sekarang lebih senang mempromosikan barang jualannya, menyebarkan berita, gosip, mengirimkan kabar, atau bahkan mencari jodoh melalui halaman web.
Membuat sebuah halaman web sekarang ini bukanlah hal yang sulit. Banyak tools pembuatan website yang bahkan hanya dengan drag and drop, jadilah sebuah website. Namun yang menjadi tantangan adalah bagaimana web kita tersebut berada di peringkat atas pada mesin pencari seperti google atau yahoo, atau yang biasa kita kenal dengan Search Engine Optimization (SEO), sehingga ketika seseorang mencari sesuatu, maka web site kita memiliki Search Engine Return Pages (SERPs) yang tinggi.

Trik “Bersih”
Untuk bisa mendapatkan SERPs yang tinggi, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana mesin pencari tersebut bekerja. Mesin pencari menggunakan program yang disebut spiders / crawlers untuk mencari dan menganalisis sebuah halaman web, untuk kemudian diindex berdasarkan kata yang sering muncul dan seberapa penting kata itu di halaman web tersebut. Kemudian mesin pencari mengategorikan halaman web berdasarkan kata kunci (keywords), yaitu kata-kata penting yang berhubungan dengan isi halaman tersebut.
Yang perlu diperhatikan tentang kata kunci adalah:
  1. Sebaiknya kata kunci adalah yang relevan dengan isi halaman
  2. Penggunaan kata kunci yang tidak relevan (misalnya kata kunci tentang sesuatu yang sedang populer, tapi halaman web kita tidak mengulas tentang itu) memang terkadang meningkatkan traffic web kita. Namun biasanya sifatnya hanya sementara
  3. Letakkan kata kunci di judul halaman, header, dan bagian teratas halaman web
  4. Jangan mengulang kata kunci terlalu sering
  5. Beberapa mesin pencari akan menandai bahwa web kita melakukan spam jika kita terlalu sering mengulang kata kunci. Teknik ini disebut dengan keyword stuffing.
Namun kata kunci bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan posisi web kita. Mesin pencari juga menggunakan teknik link analysis, yaitu berapa banyak halaman web lain mencantumkan / menghubungkan dengan web kita (untuk topik tersebut). Yang paling menguntungkan adalah jika web yang mencantumkan web kita mempunyai peringkat yang tinggi. Hal ini akan membuat peringkat web kita meningkat drastis (untuk topik tersebut). Jadi satu trik untuk SEO web kita adalah dengan bertukar link halaman web dengan web lain yang kira-kira mempunyai topik yang hampir sama. Yang perlu diingat adalah jangan sampai kita terlalu banyak bertukar link dengan web site yang tidak berhubungan, karena mesin pencari (lagi-lagi) akan menganggap spam.

Trik “Jahat”
Selain trik bersih, beberapa web master juga menggunakan trik kotor untuk menaikkan peringkat SERP mereka. Triknya adalah sebagai berikut:
  1. Keyword Stuffing
  2. Biasanya web master akan mengulang kata kunci di bagian bawah halaman web, bahkan terkadang menggunakan trik teks yang tidak disadari oleh pembaca bahwa teks itu ada (invisible text). Caranya adalah dengan menyamarkan warna teks, membuat warna teks sama dengan warna background halaman web kita. Sialnya, beberapa mesin pencari sekarang sudah mengabaikan teks yang mempunyai warna yang sama dengan warna background.
  3. Redirect Pagee
  4. Webmaster membuat beberapa halaman web sederhana yang berisikan hanya kata kunci-kata kunci penting yang sedang populer. Dan ketika halaman tersebut dikunjungi, maka akan segera dialihkan ke halaman lain yang isinya tentu saja tidak berhubungan sama sekali dengan kata kunci tersebut
  5. Page stuffing
  6. Webmaster pertamanya secara normal akan membuat halaman web. Dan ketika ada satu halaman web yang memiliki peringkat tinggi dalam pencarian, maka webmaster akan menduplikasi halaman tersebut sampai beberapa kali, dengan harapan halaman duplikasi tersebut akan mendapatkan peringkat tinggi juga, dan secara otomatis akan menurunkan peringkat kompetitornya. Namun teknik ini sudah diantisipasi oleh beberapa mesin pencari yang sanggup menandai 2 halaman berbeda namun memiliki konten yang sama.
  7. Selling & farming links
  8. Prinsipnya hampir sama dengan bertukar link. Bedanya adalah yang punya ‘ladang’ menyewakan halamannya agar para webmaster bisa mendaftarkan web nya di halaman tersebut. Cara kerjanya adalah halaman tersebut yang sudah memiliki peringkat tinggi, diisi halaman-halaman website yang dimiliki oleh webmaster yang membeli link tersebut. Hal ini memang sangat berpengaruh terhadap peringkat web kita, namun sekali saja kita ketahuan oleh mesin pencari, maka seluruh link yang ada pada halaman tersebut akan di ban oleh mesin pencari.
Tantangan
Tantangan terberat dari SEO adalah menyeimbangkan keinginan pengunjung dan mesin pencari. Pengunjung tentunya tidak terlalu suka dengan web yang terlalu banyak text. Mereka akan lebih senang berkunjung ke halaman web yang interaktif, penuh konten gambar ataupun video. Sayangnya mesin pencari terkadang malah mengabaikan gambar / video dalam melakukan indexing. Kalau sudah seperti ini, SEO consultant lah yang berbicara. Saya tidak (belum) ingin merebut lahannya mereka

0 komentar: