* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC


Dalam posting ini saya akan menjelaskan bagaimana memecahkan laptop mati dan menemukan masalahnya. Tips tips berikut tidak model dan merek tertentu, mereka harus bekerja untuk kebanyakan laptop.
Mari kita melihat dua skenario yang berbeda.
Contoh 1. laptop ini benar-benar mati. 
Ketika anda pasang di adaptor daya dan tekan pada tombol daya, tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali. laptop tidak akan membuat suara biasa, LED tidak akan menyala, kipas tidak akan berputar-putar, layar kosong dan hitam, dll ... Singkatnya, laptop itu sudah mati.
Apa yang dapat Anda lakukan dalam kasus ini? 
1. Pastikan stopkontak bekerja dan DC adaptor laptop mendapatkan daya dari stopkontak. Coba stopkontak di dinding. 
2. Uji daya DC adaptor laptop, pastikan tegangan output yang benar. Anda dapat menguji adaptor daya DC dengan voltmeter sebuah. 
3. Katakanlah adaptor DC baik-baik saja dan adaptor output tegangan yang benar. Dalam hal ini cabut adaptor listrik dari laptop, keluarkan baterai, tunggu selama 1-2 menit, pasang di adaptor dan mencoba menyalakan laptop lagi.
OK, Anda menguji adaptor dan itu buruk. Jika Anda memutuskan untuk mengganti adaptor DC asli dengan yang generik, Anda harus mengikuti aturan ini: 
Output tegangan pada adaptor baru Anda harus persis sama seperti pada adaptor asli. Para ampere pada adaptor baru bisa menjadi sama atau lebih tinggi.
Jika tidak ada yang membantu dan laptop masih mati, ternyata motherboard digoreng atau ada masalah dengan colokan listrik DC. Ini mungkin colokan listrik DC rusak dan motherboard tidak mendapatkan apapun daya dari adaptor.Dalam hal ini Anda harus membongkar laptop dan mengganti colokan listrik. Check out panduan ini untuk memperbaiki colokan listrik laptop.
Contoh 2. Bila Anda pasang power adaptor DC dan tekan pada tombol power, laptop mulai membuat suara-suara normal, LED bekerja dengan baik tapi mencatat muncul di layar. laptop tidak akan mulai.
Mengatasi masalah mati laptop
Pertama-tama, melihat lebih dekat pada layar LCD. Lihatlah layar di bawah cahaya terang. Ada kemungkinan bahwa gambar masih di layar tetapi sangat samar. Jika itu kasusnya, check out tips untuk troubleshooting laptop dengan kegagalan backlight.
Hubungkan monitor eksternal
Jika tidak ada gambar pada layar LCD laptop, uji laptop dengan monitor eksternal. Hubungkan monitor eksternal ke port VGA pada laptop Anda dan putar laptop di. Anda dapat beralih output video antara layar LCD internal dan monitor eksternal dengan menekan tombol Fn dan F4 secara bersamaan pada laptop HP, tombol Fn dan F5 pada laptop Toshiba, Fn dan F7 tombol pada laptop IBM. laptop lain dapat menggunakan kombinasi kunci yang berbeda.
Katakanlah monitor eksternal berfungsi dengan baik tapi layar LCD internal tidak memiliki gambar sama sekali. Jika itu yang terjadi, masalah Anda bisa berhubungan dengan layar LCD atau kabel video. Juga, pastikan kabel video membuat koneksi yang bagus dengan motherboard dan layar LCD. Cobalah menghubungkan kembali, Memasang tempat duduk kabel.
Uji eksternal video
Dalam kasus saya, baik pemantau internal dan eksternal itu benar-benar mati. Tak seorang pun dari mereka memiliki gambar. Itu berarti masalah tidak berhubungan dengan layar LCD atau kabel video. Dari pengalaman saya, saya tahu bahwa masalah ini dapat dikaitkan ke memori laptop.
Ganti menempatakan kembali modul memori
Coba Memasang tempat duduk modul memori, mungkin itu tidak membuat hubungan baik dengan slot memori.Cobalah membersihkan kontak pada modul memori dengan pena penghapus. Coba pindahkan modul memori ke slot lain. Cobalah mengganti modul memori dengan modul lain baik yang dikenal, mungkin bahwa modul asli Anda sudah mati. 
Jika Anda memiliki dua modul memori terinstal, anda dapat mencoba menghapusnya satu per satu, mungkin bahwa salah satu modul yang buruk. Cobalah menginstal modul memori yang berbeda ke dalam slot memori yang berbeda.
Dalam Memasang tempat duduk kasus saya, menukar modul memori tidak membantu. Aku cukup yakin bahwa masalah saya bukan memori terkait dan aku pindah.
Menghapus hard drive DVD drivePutus tampilan
Coba mengeluarkan baterai, hard drive dan DVD drive dan menyalakan laptop tanpa komponen ini.
Juga, cobalah menyalakan laptop dengan monitor eksternal ketika kabel video dicabut dari motherboard. Jika mulai laptop dengan video pada monitor eksternal, rupanya ada sesuatu yang salah dengan layar panel laptop.
Hapus komponen laptop
Dalam kasus saya menghapus hard drive dan DVD drive tidak membantu. Mencabut kabel video tidak membantu. 
Saya terus mengambil laptop saya terpisah sepotong demi sepotong dan diuji setelah setiap langkah. 
Saya dihapus kartu wireless, modem, terputus keyboard tapi tidak membantu.
Uji laptop dengan monitor eksternalMembongkar laptop
Saya masih belum bisa boot laptop dengan video pada monitor eksternal.
Akhirnya, saya dibongkar laptop dan dihapus motherboard.
Uji laptop motherboard
Pada gambar ini Anda melihat tes akhir saya. Motherboard ini telah dihapus dari dasar dan aku dirakit sistem Barebone dasar di bangku saya. 
1. Motherboard. Seperti pada kebanyakan laptop, dalam kasus saya kartu video terintegrasi ke dalam motherboard 
2. CPU dengan heatsink dan kipas pendingin. 
3. Dikenal modul memori yang baik. 
4. Tombol daya penyihir papan saya perlu untuk mengaktifkan sistem. 
5. Bekerja DC power adapter.
Masih tidak bisa mendapatkan video pada monitor eksternal. Sistem ini menyala, kipas pendingin mulai berputar-putar tapi tidak ada video.
Pada titik ini saya 95% yakin bahwa motherboard mati. kegagalan CPU tidak sangat umum, sehingga harus motherboard buruk.

0 komentar: