* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara mengganti spul pada speaker.
siapkan  peralatan sebagai berikut:
1. PISAU CUTER
2. LEM SPEAKER ( bisa lem fox stik atau lem khusus speaker).
3. SPUL atau COIL PENGGANTI ( sesuakan ukurannya nanti setelah coil terbuka).

 Pertama, posisikan loud speaker dari depan, kemudian buka penutup coil (biasanya berbentuk bulat  atau corong) dengan pisau cuter secara perlahan ( jangan sampai terkena CONUS / MEMBRAN). Setelah penutup terbuka coil akan kelihatan, lepas coil tersebut dengan pisau cuter secara perlahan juga.
Setelah coil terangkat, bersihkan sisa serpihan lem/kertas dari dalam loudspeaker kemudian ratakan / rapikan bekas lem pada membran speaker ( ukur dengan spul yang baru agar mudah memasukannya).

 Langkah selanjutnya buka titik solderan anta kawat spul dengan kabel speaker( biasanya kabelnya berbentuk seperti kawat tembaga yang dianyam),

 Oke, setelah semuanya terbuka dan bersih giliran sekarang pasang spulnya  ( jangan terlalu tinggi atau rendah, nanti akan mempengaruhi kualitas suara), berikan lem secara merata antara spul /coil  dengan membran speaker, tunggu sampai lem  kering. Kemudian setelah lem kering solder  kedua ujung spul dengan kabel speaker. jangan lupa tutup  dengan lem pada titik soldera tadi.

  Untuk langkah selanjutnya pengetesan awal  speaker dengan cara menyambung ke peralatan ampli, bila sudah terdengar suara berarti  OKE. Tutup kembali spul .

                                                 
                                              GAMBAR SPUL DAN LOUDSPEAKER



0 komentar: