* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

Gangguan beberapa garis blangking pada bagian atas layar tv. biasa yang di keluhkan konsumen ada garis vertikal di bagian atas layar TV.  Gangguan ini akan nampak lebih jelas jika pesawat pada posisi AV tanpa gambar.
1. Pada umumnya disebabkan karena tegangan vertikal pump-up drops.
Contoh sirkit vertikal pump-up yang terdiri dari elko C304 dan diode D301

2. Pada pesawat yang pernah mengalamai modifikasi, hal ini dapat disebabkan karena :
Def yoke pernah diganti dengan impedansi (ohm) yang lebih tinggi
Mesin diganti dengan mesin China.
SOLUSI :
Untuk masalah no.1.
Ganti elko pump-up. Sirkit Pump-up berfungsi menyediakan tegangan suply sebesar 2x tegangan Vcc (atau sekitar 50v) untuk penguat vertikal-achir. Jika elko kering maka menyebabkan tegangan 50v ini tidak tercapai. Akibatnya vertikal blangking menjadi tidak sempurna.
Bentuk sinyal tegangan defleksi vertikal-out yang normal. Tegangan pump-up sekitar 50v diperlukan untuk bagian sinyal yang levelnya paling tinggi seperti terlihat pada gambar
Untuk masalah yang no.2,
Cara pengatasannya adalah dengan merubah-rubah seting nilai data adjustment V. Lin, V.Center dan V.SC yang kadang harus mengorbankan linearitas. Hasilnya gambar kalau diamati dengan seksama menjadi sedikit cacat vertikal linear.

0 komentar: