* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

membuat sendiri Led matrix 24×6

On 0 komentar

pasti teman-teman sudah pada tahu apa itu Led matrix atau yang lebih dikenal dengan sebutan moving sign (tanda berjalan) itu lho sebuah tampilan display dengan lampu berukuran kecil yang biasanya ada dipinggir jalan, lebih tepatnya berada di depan toko-toko atau minimarket…


belakangan saya melihat semakin banyak sekali bermunculan moving sign di kota denpasar, bahkan di tempat saya tinggal di seputaran panjer sebuah toko klontong pun sudah dilengkapi dengan fitur moving sign yang sangat canggih dengan kombinasi LED RGB (Red, Green, Blue) wah hal itu lah yang memicu adrenalin saya untuk membuat sebuah Led matrix berbiaya murah dengan bantuan sebuah Arduino board milik teman saya, namun led matrix yang saya buat bukanlah led martrik berukuran besar seperti yang ada dipasaran melainkan berukuran kecil saja,,hehehehe tujuanya menghemat uang karena masih dalam masa ujicoba.
dengan bermodal uang sekitar 75ribu pun sudah cukup untuk membuat hal tersebut (namun tidak termasuk board Arduino) dalam pembuatan project ini saya dibantu oleh 2 kawan dari salah satu perguruan tinggi negeri di Bali..mereka membantu saya dalam hal pemeblian komponen dan pembuatan kontruksi awal dari Led Matrixnya,,,setelah kami merancang dengan PCB lubang dan menentukan tata letak komponen yang telah kami tentukan terlebih dahulu dengan menggunakan program
sesuai dengan janji saya sebelumnya kali ini saya sudah meng-update artikel ini dengan skematik lengkap dari led matrik 24×6 menggunakan erulduino board.
menggunakan 3 ic shift register 74hc595 dan 1 ic gerbang 4017 dimana shift register sebagai pengatur tiap kolom dari Led matrik yang berjumlah 24 kolom dan gerbang logika 4017 sebagai pengatur tiap baris yang berjumlah sebanyak 6 buah.. selanjutnya setiap input ic 74hc595 yang sudah terintergasi menjadi input erulduino sebagai pengatur tulisan yang akan ditampilkan ( pin digital erulduino : 8, 9, 10, 11, 13)…

0 komentar: