* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

Perbedaan ROBOT

On 0 komentar


ROBOT SUMO

  • Untuk membedakan nama robot supaya tidak rancu antar satu robot dengan yang lain, tiap robot diberi nama sesuai dengan kegunaannya. Disarankan untuk mereka yang pertama kali merakit untuk belajar sumo robot. Sesuai dengan namanya robot ini hanya dapat berjalan (dengan roda/tractor) maju, mundur, kiri, kanan dan mendorong. Itulah sebabnya dinamakan sumo layaknya pegulat sumo dari Jepang yang dalam pertandingan dikatakan menang bila dapat mendorong lawannya keluar dari arena. Dalam kompetesi robot sumo tiap peserta harus mematuhi peraturan yang diselanggarakan oleh panitia. Baik tentang tinggi, lebar, beban dan peralatan yang disandang robot harus sesuai ketentuan. Robot dikatakan menang bila berhasil mendorong robot lainnya keluar dari arena. Kompetisi robot sumo sudah banyak dilakukan oleh anak-anak seusia SD di Negeri Thailand, China dan Singapura. Ada baiknya kita sering melihat pertandingan Sumo Jepang untuk bisa memenangkan pertandingan ini. Kalo anda suka bertengkar dengan teman jangan malu untuk belajar robot ini untuk melampiaskan hobi anda. Dijamin tidak akan babak belur. 


Koneksi komputer dengan robot ada dua cara. Pertama dengan kabel serial dan kedua dengan remote blue tooth. Yang umum digunakan beberapa siswa untuk belajar adalah seri Sumo Man MR-9642E. Robot ini dilengkapi dengan sensor infra red untuk mendeteksi adanya musuh.
Spesifikasi adalah sebagai berikut :
  • Penggerak ada 2 roda berbentuk tractor dengan 1 motor DC.
  • Sensor cahaya (infra red), jarak deteksi: 35 cm (maks).
  • Terdapat timer (range: 0.5 - 7.0 detik).
  • Catu daya 4 baterai AA. Dimensi: 13 x 13,7 x 12 cm.

Sekarang sudah tersedia SUMO BOT. Sebuah kit robot sumo yang membuat sebuah robot sumo yang dapat diprogram. Robot ini dikontrol oleh basic stamp 2 microcontroller. Dengan 2 sensor cahaya dan infrared proximity detector robot ini dapat diprogram dengan built-in:
  • Random Movement = Bergerak random
  • Photovore = Bergerak mencari cahaya
  • Photophobe = Bergerak menghindari cahaya
  • Maze solver = Bergerak mengikuti jalur yang ditentukan.
    Program Basic Stamp layaknya program Visual Basic (dulu namanya BASICA language) dimana kita bisa memprogram atau mengatur gerakan robot lewat bahasa itu kemudian mentransfernya lewat koneksi blue tooth ke robot tersebut. Untuk versi terbaru dari seri ini sudah ada yang bisa menghindari rintangan.

ROBOT QuadCrawler



Robot kit produksi pabrik robot Parallax yang berpenggerak 4 lengan kaki layaknya binatang kura-kura.
Masih menggunakan Serial & USB Compatible. Robot ini mengajarkan pada kita tentang gerakan kaki yang benar sebuah robot. Produksi parallax banyak yangmeninggalkan kaki roda ataupun traktor. Versi terbaru dari QuadCrawler sudah ada yang menggunakan koneksi blue tooth sebagai koneksinya.
Spesifikasinya:
  • Menggunakan modul Basic Stamp 2
  • Chassis aluminium
  • Terdiri dari 8 servo Hitec, 1 sensor jarak, 1 Board of Education programming board, dan 1 module Parallax Servo Controller
  • Tersedia antarmuka serial UART dan USB

0 komentar: