* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

Rumus power divider

On 0 komentar


powerdivider adalah alat untuk membelah power dari exiter ke antena
Mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana sih menghitung Power Divider (PD) atau splitter untuk antena? terutama untuk antena FM. Nah saya akan sedikit berbagi nih…..
Pertama, kita harus bisa menghitung panjang gelombang, nah udah tau rumusnya kan??
Jika diketahui:
F adalah frekuensi dalam Hz
C adalah cepat rambat gelombang di udara (3×108)m/s
λ= panjang gelombang dalam meter
maka:
λ=C/F
Jadi kalau kita ingin menghitung panjang gelombang (λ) di frequensi 100 MHz maka:
λ=300.000.000/100.000.000
λ=3 Meter.
Sudah jelas kan? Pasti sudah pernah menghitung waktu pelajaran Fisika.
Sekarang kita coba menghitung impedansi Power divider.
Jika power devider mempunyai impedansi input (Zin), impedansi penampang (Zc), impedansi Output (Zout) dan jumlah output (n) maka persamaan yang digunakan:

Kira-kira ilustrasi gambarnya seperti ini:


Jadi kalau kita ingin membuat PD antena dengan daya rendah untuk 4 antena kita menghitung untuk impedansi penampang (Zc) adalah 25. Nah saya buat dengan kabel coaxial 50 Ohm, saya paralel seperti gambar di atas dengan panjang 1/4 λ.
Mudah kan??
Nah kita coba hitung untuk PD pada frekuensi 100 MHz.
λ=3
1/4 λ = 0,75 Meter
Tapi jangan lupa untuk melihat faktor velocity, dan tiap-tiap kabel berbeda. Pada percobaan saya ini saya menggunakan kabel RG 8 dengan Velocity 0,8
Jadi untuk panjang Power Divider menjadi:
1/4 λ = 0,75 Meter * 0,8
= 0,6 Meter atau 60 CM
Ini kabel yang saya gunakan:


Setelah selesai saya masukkan ke alumunium kotak, jadi begini hasilnya:
Biasanya PD ini digunakan oleh teman-teman radio komunitas.
Untuk menghitung impedansi penampang untuk 2, 6, 8 antena tinggal mengganti nilai n dari rumus di atas.

0 komentar: