* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

Servis TV Tidak Ada Sinyal

On 0 komentar

Tv yang tidak memiliki gelombang / siaran disebabkan oleh tidak tertangkapnya sinyal frekuensi dari sebuah pesawat pemancar tv ( tv transmitter) oleh pesawat penerima yang ditangkap oleh antena televisi yang langsung disalurkan ke bagian tuner tv.
Hal hal tersebut banyak dipengaruhi oleh beberapa hambatan sehingga sinyal tidak bisa tertangkap sempurna oleh sebuah antena tv, hal yang mempengaruhi antara lain :
  • Jarak antara pemancar dan penerima terlalu jauh
  • Banyak penghalang, sehingga sulit  diterima oleh sebuah pesawat penerima ( pohon dan pegunungan ).
  • Letak pesawat penerima berada didaerah pelosok
  • Letak antena  penerima terlalu rendah
  • Rusaknya sebuah antena tv sehingga sinyal tidak bisa diterima secara maksimal.
Hal tersebut merupakan masalah ekternal pada sebuah televisi yang sulit mendapatkan siaran dari pemancarnya, kalau mengenai masalah internalnya, dalam sebuah pesawat penerima televisi tersebut mengalami kerusakan pada bagian komponen dalam tv.

Berikut adalah cara untuk memperbaiki televisi yang sulit mendapatkan sinyal ataupun tidak ada sinyal sama sekali :
  1. Pertama tama ceklah sebuah antena televisi, pastikan antenanya dalam keadaan masih baik.
    Selanjutnya ceklah kabel yang menuju ke rangkaian tuner, pastikan kabelnya tidak ada yang putus dan tidak saling berhubungan singkat.
  2. Langkah kedua yaitu dengan memeriksa jack penghubung kabel dengan tuner dalam posisi tidak berkarat, biasanya tuner sudah berkat, selain itu input tuner yang mejadi penghubung antara kabel penghubung dengan tuner juga sering mengalami kerusakan seperti colokannya putus / goyah, maka solderlah colokkan tersebut.
  3. Setelah anda mengecek semua diatas ternyata masih dalam keadaan baik, maka kita perlu mengecek komponen bagian dalamnya. Sebelum melakukan pengecekan terlebih dahulu solder ulanglah bagian penerima sinyal tv tersebut.
  4. Ukurlah tegangan yang masuk ke B+ tuner sekitar 5- 12 Vdc, Selain itu ada juga tegangan yang lumayan tinggi yang masuk kerangkaian tuner bagian  VT tuner yang tegangannya sekitar 110 - 130 Vdc. 
    Jika tegangan  kurang dari yang telah saya sebutkan diatas, berarti ada komponen yang rusak seperti elco dan resistor yang letaknya di tegangan supply diatas.
  5. Jika tegangan sudah normal tetapi masih tetap sinyal belum ada, kita lakukan langkah berikutnya yaitu dengan cara mengecek bagian dalam tuner tv, denagn cara dibersihkan lalu disolder ulang, jika masih tetap saja belum bisa berarti tuner tersebut sudah rusak dah harus diganti dengan yang baru, pastikan tipenya sama, jika tidak ada gantilah dengan jumlah dan letak kaki yang sama.
  6. Jika semua langkah telah dilakukan tetapi masih saja belum bisa normal, maka kerusakan tersebut disebabkan oleh IC Program dan harus diganti.
Silahkan mencoba dan mengotak atik tv anda atau bahkan anda berminat jadi sebuah teknisi tv dengan belajar disini. Terima kasih

0 komentar: