* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

89C2051/4051 ATMEL

On 0 komentar

Membangun sendiri penulis pribadi forprogramming kode HEX ke Flash berbasis mikrokontroler AT89C2051 (2k) andAT89C4051 (4k). Sederhana hardware dan software menggunakan Mudah di DOS dan Windowversion. Single-side dan double side PCB file disertakan.  source code dengan versi sdcc!


Pengantar

Versi pertama-Mudah Downloaderwas yang dirancang pada tahun 1997 untuk digunakan sebagai alat untuk siswa saya di gedung hisown nya / sirkuit mikrokontroler di kelas "Perancangan Sistem Mikroprosesor". Sirkuit Fitur murah dan mudah digunakan. Versi terbaru V1.1 wasdesigned untuk digunakan dengan 2051 dan 4051 terbaru chip. Tidak ada separatefunctions seperti misalnya programmer lain, cek kosong, menghapus, menulis. Simplytype berkata, c: \ ..> ez halo, file hex "hello.hex" kemudian akan programmedto chip secara otomatis. Jika chip tidak kosong atau kode terkunci, ia akan menghapus terlebih dahulu, kemudian menulis dan memverifikasi ... bahwa semua.

Perangkat keras

Gambar 1 menunjukkan diagramof sirkuit Easy-Downloader. Seperti ditunjukkan, sirkuit menggunakan 89C2051 dengan writer.hexfirmware, 74LS373 8-bit latch, DS275-seperti, 7805, LM317 dan dua transistor, 2N2222A dan 2N2907A. Tegangan pemrograman sirkuit kontrol adalah sameas direkomendasikan oleh aplikasi catatan ATMEL. Hal ini dapat dibangkitkan dari 0V, 5Vand 12V oleh sinyal yang berasal dari P3. 8-bit latch, sinyal providessome 74LS373 untuk memilih mode pemrograman. byte A, yang programmedor membaca kembali dikirim / diterima melalui P1. Alamat incrementing adalah doneby berdenyut pulsa positif untuk pin XTAL. Rangkaian ini dapat dibangun usingsimple point-to-point solder dengan tujuan umum PCB (PCB ikan egglike) atau membuat PCB ditunjukkan di atas, file tersebut Mudah-v1.pcb Protel PCB versi 2,76. Dewan jadi harus diuji tanpa anychips; 1) +5 V supply, 2) tegangan 0V pemrograman, 5V dan 12V dengan pin connectingthe bahwa kontrol (P3.5 dan D) 2N2222A dan 2N2907 ke +5 V dan / atau adaptor output GND.The harus approx. 15Vdc 100mA.

Gambar1: Circuit Diagram Easy-Downloader V1.1
 AcrobatPCB FileAssuggested oleh seorang teman dari Rumania, Puiu Chiselita, untuk memberikan PCB imagein file Acrobat, jadi saya telah meminta teman saya, Jaroon Keawkhrua. Dia membuat jam withinan, terima kasih lagi untuk menyediakan kita, PCB Acrobat file.
TOPLAYER (80kB) mudah v2t.pdf 
BOTTOMLAYER (36KB) mudah v2b.pdf 
COMPONENTLAYER (51kB) mudah v2o.pdf
Perangkat Lunak
Dua file yang Anda shouldget adalah: writer.hex 4871 byte, file intelhex firmware untuk 89C2051 chip (ukuran kode aktual adalah 2021 byte) dan, ez.exe 20.800 byte yang programrun uploader pada PC, mengirim file hex ke downloader. Asli writer.c Program ditulis dalam 'C'. Untuk memodifikasi, perlu Micro C-compiler dari Sistem DunfieldDevelopment Ontario Kanada dengan model memori kecil.

Uji Fungsional

Gunakan programmer yang diberikan (atau readymade Easy-Downloader) menulis writer.hex ke dalam chip 2051. Pasang theprogrammed 2051 chip ke papan tulis. Panggil perangkat lunak komunikasi with9600 baud, 8-bit data, tidak paritas. Connect DB-9 untuk COM1, mengatakan, enterkey tekan, judul "Easy-Downloader V1.1 untuk ATMEL 89C2051/4051" akan appearedon layar. Jenis> s2048 (set byte counter 2k), maka tanpa the2051 chip di ZIF, tipe> r (baca 2kB), pada layar akan menunjukkan FFFFFFFFFFF ... menunjukkan kabel dikoreksi untuk P1. Jika anda menempatkan chip memiliki alreadyprogram dalam, perintah r akan menampilkan kode hex dengan jumlah byteset oleh perintah s. Cobalah perintah e untuk menghapus seluruh program! Semua 2 done.Figure menunjukkan contoh menggunakan program Xtalk untuk menguji papan tulis.

Figure2: Menggunakan Xtalk untuk menguji papan
Sekarang coba dengan "ez" program uploader untuk membantu Anda lebih mudah untuk menulis file hex ke thechip. Contoh ez menggunakan ditunjukkan pada Gambar 3. Have fun ...Catatan: EZ3 dapat menggunakan hanya menahan PC yang menjalankan dos, untuk PC baru coba dengan versi jendela!

Figure3: Contoh menggunakan program EZ menulis writer.hex untuk chip 2051

Figure4: Contoh Menggunakan EZ3 dan EZ3.1
Download EZUploader V3.0 untuk Window Pengunggah EZ menyediakan simplemeans mengirim file HEX ke board penulis. Untuk menghubungkan withEZ papan, klik COM port yang tersedia, COM1, mengatakan. Setelah EZ mengakui chip, kemudian klik Kirim Hexfile, bahwa semua. Karena tidak ada tanda tangan thatindicates byte nomor chip dan tegangan pemrograman, sehingga Anda harus choosethe ukuran memori penggunaannya baik 2051 atau 4051 manual, yaitu, 2048 atau 4096 masing-masing.Download EZUploader v3.1 untuk Window Sebuah versi upgrade dari EZ3with Raed dan AS SAVE fitur untuk membaca kode HEX tinggal di chipandsave sebagai file HEX Intel.

Tips

HEX fileextension

Beberapa Assembler atau Compiler hex file produceoutput dengan dari. OBJ gantinya. HEX. The EZ kebutuhan. Ekstensi HEX, hanya ganti namanya ...

ExpensiveZIF Socket

Tanpa soket ZIF mahal, Anda mungkin menggunakan soket biasa, bukan, pasti banyak kali menarik thechips dapat menyebabkan ujung kaki jauh dari 2.051 chip rusak. Saya mahasiswa suggestsme untuk memasukkan satu socket lagi untuk chip 2051. Ini bekerja sangat bagus. programmer Eventhe telah ZIF, tapi papan aplikasi Anda tidak miliki. Betterto memasukkan satu socket untuk memperkuat 2.051's kaki.

DC Adapter

Setiap adapter DC, tetap atau adjustablecan digunakan, dioda jembatan mengoreksi polaritas untuk adapter eventually.Many IC regulator memberikan DC output lebih tinggi dari nilai berlabel, untuk memastikan, periksa tegangan pemrograman yang tepat yang harus dalam kisaran 11.5to 12,5 V.

Pasang theRight Posisi

Versi terbaru ini notinclude sirkuit perlindungan jika menempatkan posisi yang salah, yaitu, GND-Vcc <-> Vcc-GND.Jadi sebelum meletakkan chipinto itu para programmer atau papan aplikasi Anda, kembali untuk melihat pikiran Anda, mengatakan bahwa saya menempatkan chip 2051 untuk posisi yang tepat, kemudian memilih chip, dan tempat itu ...

89C1051

Tidak ada masalah dengan 89C1051chip namun pastikan bahwa ukuran kode hex harus kurang dari 1024 byte (000Hto 3FFH). Sementara memverifikasi setelah menghapusnya menunjukkan 0-2048 byte sebagai 2051chip, berarti dua kali membaca, yaitu, 000H-3FFH kemudian 000H-3FFH, alamat samephysical. Ketika pemrograman, chip kontrol akan menulis dan verifyonly ukuran program.Mudah 1.1 Link

 Source code untuk sdcc

Aku menghabiskan akhir pekan modifiedthe saya kode sumber dari Easy downloader V1.1 untuk sdcc! Sekarang Anda dapat belajar thecode untuk melihat cara kerjanya dengan alat yang bagus tersedia secara bebas untuk semua orang, perangkat kecil c compiler, sdcc. Kode dikompilasi ini sangat bagus dan isvery kompak. Anda mungkin menyadari bahwa ukuran dari firmware baru hanya 1128bytes!Download source code, WRITER1.C , hex file, writer1.hex dan compiler, SDCC.zip
Di bawah ini adalah contoh bagaimana sdcc touse. 
C: \ sdcc \ app> sC: \ app> path \ sdcc = c: \ sdcc \ bin
C: \ sdcc \ app> sdcc writer1.c
library file / sdcc / share / sdcc / lib / kecil / libsdcc.lib 
library file / sdcc / share / sdcc / lib / kecil / libint.lib 
library file / sdcc / share / sdcc / lib / kecil / liblong.lib 
library file / sdcc / share / sdcc / lib / kecil / libfloat.lib
C: \ sdcc \ app> packihx writer1.ihx> writer1.hex 
packihx: 166 membaca baris, menulis 75: OK.
C: \ sdcc \ app>

The s.bat batch file berisi,
path = c: \ sdcc \ bin 
sdcc writer1.c 
packihx writer1.ihx> writer1.hex
Mesin keluaran kode ishex file dengan ekstensi *. IHX. Kita dapat menggunakan alat, packihx untuk mengkonversi file suchhex dengan IHX *. ke hex *. mudah.
The ez4.1 cocok forprogramming file hex ke mikrokontroler 20 pin, 89C2051/4051.Since file hex yang dihasilkan oleh sdcc tidak diurutkan dari alamat rendah ke highaddress. Versi lama, EZ31 memiliki bug untuk file hex tersebut. Jadi saya recommenedto menggunakan EZ4.1 untuk loading program. Klik pada gambar untuk men-download EZ4.1!

Mudah Contributionto Programmer V1.1

0 komentar: