* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

Cara Mudah Membuka Lupa Password Televisi Sharp – Hari ini ada pelajaran sangat berharga, di kantor (tepatnya workshop, hehe saya anggepnya kantor biar agak keren dikit) ada sebuah Televisi atau TV merk Sharp. Televisi atau TV merk Sharp tersebut datang dari sebuah proyek antah berantah dan sudah berpuluh-puluh tahun yang lalu(tepatnya belum ada 2 tahunan, biar lebih Greget dikit, hehe).

Televisi atau TV merk Sharp tersebut sebenarnya masih baik, cuma kondisi yang ada sekarang adalah jika Televisi atau TV sharp tersebut di On kan atau di hidupkan maka yang ada adalah layar berwarna biru dengan tulisan lock dan 4 strip yang harus kita isi dengan password.

Yang jadi masalah adalah, password tersebut nggak tahu apa. Dan siapa orang terakhir yang merubah password juga nggak diketahui rimbanya. Yang membuat parah lagi adalah, remote Televisi atau TV sharp tersebut juga sudah diceraikan ama Televisinya nggak tahu penyebabnya apa.

Dengan berbekal obeng dan tang potong yang selalu menjadi senjata andalan ketika mengerjakan panel listrik, saya buka tuh Televisi atau TV merk Sharp tanpa bekal ilmu pertelevisian sebelumnya. Dan setelah dibuka, gue bingung mau ngapain dan diapain tuh TV.

Mikir saya, jika masalahnya ada pada password televisi berarti kerusakan terletak pada Software, bukan hardware. Ilmu perkomputeran sudah meresap jauh hingga bisa “prediksi” kerusakan sebuah Televisi,  . Jadi ngapain harus we buka tuh televisi ya ? (mikir ulang)

Tapi akhirnya mentok juga nggak nemu Cara Mengatasi Televisi atau TV Merk Sharp yang di Password sedangkan remote televisi tersebut hilang. Searching dan searching, nggak nemu juga tuh Cara Membuka Password Televisi atau TV Merk Sharp.

Akhirnya setelah searching dan searching lagi, nemu juga Cara Membuka Password Televisi atau TV Sharp. Televisi Sharp yang terkena password bisa diatasi dengan cara menjumper salah satu Jumperan kawat didalam TVMotherboard(istilah PCB di televisi, jangan ditiru itu cuman iseng2an saya aja yang buat biar lebih keren  ..)

Silakan lihat gambar detailnya ?


Dari gambar tersebut bisa dijelaskan bahwa ada sebuah jumperan kawat bernomer 483 dan 484 dari puluhan jumperan kawat yang lain. Temukan jumperan kawat tersebut diatas resistor. Saya lupa berapa ukuran resistor tersebut. Yang jelas, posisinya di tengah-tengah.

Cara membuka password Televisi atau TV merk Sharp yaitu dengan cara menjumper kawat nomer 483 dan kawat nomer 484. Berikut cara singkatnya :

1. Temukan kawat bernomer 483 dan 484
2. Jumper kawat tersebut dengan menggunakan obeng atau tespen dalam arti jadikan satu (akhirnya obengnya dipake juga)
3. dalam keadaan masih tersambung, tekan power dari Televisi atau TV merk Sharp tersebut
4. Jika monitor sudah nyala dan tidak muncul bluescreen dan masukkan password lagi maka lepas obeng yang dijadikan untuk menjumper kawat 483 dan 484
5. Televisi secara otomatis bisa tampil gambarnya lagi, sekarang masuk ke menu televisi tersebut dan cari pengaturan password dan ubah menjadi OFF

0 komentar: