* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC



Kali ini mampir di tempat kerjaku Tv polytron type PN.14323M deengan keluhan tv mati led merah menyala (stanbay) di sertai suara mencuit, kemudian tanpa pikir panjang tv saya buka, dan terlihat debu yg sangat tebal karna menurut yg punya sudah lama gak pernah di buka karna gak rusak, agar pengerjaan lebih mudah debu saya bersihkan dan sekalian tuk mencatat data ic yg ada, untuk data2  nya sebagai berikut : ic program menggunakan HBM - 00 - 01 (ST 6382/B1 ) , croma STV 2286C , suplay FS7UM  (14A) , vertical TDA 8174 AW , Horizontal ST 1803 DHI , sound TDA 2003 , dan FBT  FCM - 14B014N .
Setelah bersih dan jalur kelihatan langakah selanjutnya yaitu saya memeriksa tegangan dan saya periksa Tr horizontal nya karna suara mencuit berasal dari capasitor copel horizontal yang kendor sehingga menyebabkan Tr horizontal jebol/ shot sehingga teg B+ pun jadi ikut drop, setelah melakukan solder ulang setiap bagian yang retak dan tr horizontal saya lepas ternyata teg terukur normal, termasuk tuk basis tr horizontalnya maka tanpa ragu saya pasang tr pengganti ST1803DHI dengan D2499,namun ketika saya hidupkan kok ternyata Tr horizontal langsung shot lagi, karna teg terukur normal maka saya beranikan tuk kembali mengganti Tr horizontal dan alhamdulilah tr gak masalah , ternyata tr yg pertama sy pasang tadi kualitasnya kurang bagus, kemudian saya coba hidupkan tv hidup sebentar dan kembali stanbay wah pikir saya dapet bonus penyakit klasik polytron stanbay ,maka tanpa ragu saya cek C507 (10uf 63v) ganti dengan 100uf 100v, dan saya ganti sekalian C512 (100uf16v) , C513 (10uf 50v) , C515 (10uf 50v) , C517 (100uf 16v ) , dan C518 (100uf 16v) mka setelah penggantian alat tersebut tv nyala dengan normal ,setelah saya setel beberapa lama kemudian tv saya tutup dan saya baut ,setelah saya baut ketika saya hidupkan lo kok gambar kadang menyempit kadang normal , saya buka kebali tutup dan saya cari cukup lama juga ternyata sumbernya adalah  solderan  di kaki headsing ic vertical yang kendor karna retak tak terlihat dan tertinggal waktu resolder ulang tadi ,begitu di solder ulang alhamdulilah tv kembali normal, dan kemudian saya tutup dan akhirnya Alhamdulilah bayaran, moga pengalaman saya bermanfaat amien ......

0 komentar: