* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

Memperpanjang Umur Baterai Laptop

On 0 komentar


Baterai Laptop
Laboratorium Lawrence Berkely memberikan saran agar baterai laptop memiliki umur lebih panjang. Saran-saran tersebut diantaranya adalah:

1. Untuk pemakaian di rumah, lepaskan baterai dari laptop, gunakan power langsung dari adaptor yang dicolok ke listrik. Pakai baterai untuk keperluan mobile saja.

2. Ketika baterai sudah penuh, sebaiknya lepaskan adaptor untuk mengisi baterai. Memakai baterai (dis-charger) atau mengisi baterai (re-charge) akan memperpendek umur baterai.  Kedua perlakuan tersebut akan menghabiskan umur baterai menjadi lebih singkat. Bila satu langkah saja dapat dijaga, maka umur baterai akan lebih lama.

3. Suhu panas juga menganggu kemampuan baterai. Menghadapi temperature terlalu panas akan memperburuk daya tahan baterai itu sendiri. Disarankan tidak melewati batasi 15 derajat dari suhu ruang. Tidak heran bila di negara tropis, baterai memiliki daya tahan lebih rendah. Lebih baik memakai kipas tambahan untuk laptop bila sering dipakai dalam waktu lama. Sama seperti peralatan elektronik lainnya, laptop anda beroperasi dengan lebih efisien jika ia dijaga agar tetap sejuk.

4. Redupkan Layar Anda - Semakin terang layar anda, semakin banyak tenaga yang dibutuhkan. Jika anda tidak dapat bekerja dengan yang redup, setidaknya buatlah ia secara otomatis menjadi lebih redup saat tidak digunakan.

5. Singkirkan Peralatan Eksternal - Singkirkan atau matikan USB saat tidak digunakan.

6. Jangan gunakan WiFi atau Bluetooth - Seperti peralatan eksternal, WiFi dan Bluetooth mengkonsumsi banyak tenaga. Matikan saat tidak digunakan, maka kerja laptop anda akan menjadi lebih ringan.

7. Jangan menggunakan CD/DVD drive - Hard drive mengkonsumsi banyak energi, tapi CD/DVD drive mengkonsumsi lebih banyak lagi. Cobalah untuk menyimpan informasi pada hard drive dan gunakan dari  sana.

8. Hibernate, jangan Standby - Standby mengurangi penggunaan energi, namun tidak sebanyak hibernation yang membuat pemakaian energi menjadi nol saat tidak aktif.

9. Jangan melakukan Multitasking - Cobalah untuk mengerjakan satu hal setiap waktu saat anda mengandalkan baterai. Semakin banyak aplikasi yang jalankan, semakin besar beban yang ditanggung laptop anda. Tutup program yang tidak diperlukan - Semakin banyak program yang sedang berjalan, semakin berat laptop anda bekerja. Tutuplah program - program yang tidak dibutuhkan (printer manager, Itunes, internet, dll).

10. Jangan bermain game - Jika anda tidak memiliki pekerjaan untuk dilakukan, hindarilah bermain game atau menonton DVD. Aktivitas ini menggunakan lebih banyak tenaga dibandingkan membuka email atau menggunakan word processor.

11. Baterai yang jarang digunakan jangan dibiarkan menganggur untuk waktu yang lama. Cobalah menggunakan baterai anda sekali dalam sebulan agar baterai anda tidak kehilangan kapasitasnya.

12.  Jangan biarkan baterai laptop terbuka pada temperatur ekstrim atau cahaya matahari langsung. Simpanlah di tempat yang kering dan sejuk

0 komentar: