* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC



Pakai IC TDA9381PS/N2/
!X3368CE padahal sudah tak ganti ic suara,ic memery. tetep aja gitu, b+ jga normal,buat dvd juga bagus suaranya tpi kalau tv gak ada,biasanya bg/m udah aku buka ic tda jg udah,pusingg......
solusinya jitu :

Coba analisa bagaimana alur jalannya suara.
Suara dihasilkan dari speaker.
Speaker mendapatkan sinyalm listrik dari power amplifier yang berupa IC.
Perlahan atau kencangnya suara dikendalikan oleh volume.
Sumber suara tergantung pemilihan, apakah dari TV, AV1, AV2 dan seterusnya, kalau ada.
Untuk sumber suara lewat AV sudah diinformasikan, pakai DVD, bersuara.
Jadi berarti rangkaian audio amplifier dan volume sudah bekerja.
Nah berarti sekarang kemungkinan dari pemilihan sumber suara apakah TV, AV1 dan seterusnya yang biasanya dilakukan juga oleh IC.

Suara dari TV berasal dari pendemodulasian sumber suara yang dimodulasi secara FM yang untuk Indonesia frekwensinya adalah 5.5MHz dan didefininsikan sebagai sistim B/G.
Kalau sistim TVnya multi, maka selain B/G bisa dipilih sistim yang lain, antara lain sistim M (4.5MHz), sistim D/K (6.5MHz), sistim I (6.0MHz).
Nah kalau sistim TVnya multi, maka ada kemungkinan tidak ada suaranya, karena pemilihan sistimnya yang seharusnya B/G, terpilih sistim lain.
Jadi periksa apakah sistimnya benar di B/G.
Nah kalau pemilihannya sudah benar, untuk mendemodulasi sinyal FM nya atau sering disebut SIF, akan ada Coil atau Ceramic resonance 5.5MHz. Jadi periksa Coil atau ganti Ceramic Resonancenya yang bertuliskan 5.5MHz. Perhatikan ada 2 Ceramic bertuliskan 5.5MHz, yaitu Ceramic Resonance yang berkaki 3 dan Ceramic Filter yang berkaki 2. Nah yang perlu diganti adalah yang berkaki 3, bertuliskan 5.5MHz.
Kalau mundur lagi, maka SIFnya ditumpangkan pada sinyal Video sehingga sinyal Video ini dinamakan sinyal Video Composite yang terdiri dari sinyal Video hitam putih, atau Luminance, sinyal pembawa warna, atau Chrominance, sinyal sinkronisasi yang berpolaritas negatif dan sinyal SIF.

setting suara
coba periksa apakah C 233 dari pin 31 ic tunggal posisi baik2 saja?
atau servis mode yg ini di periksa
AVL=0
S-M=0
S-DK=0
S-I=0
S-BG=1
P-SECAM=0
F-N358=0
F-N443-1
VMI=1
VMC=1
HTL=0
BTSC=0
AV=1
FMWS=0
SM0=1
SM1=0
BIL=0

0 komentar: