* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEK4W4N SERVIS ELECTRONIC

          
Mikrokontroler ATMega8 merupakan suatu mikrokontroller keluarga AVR yang memiliki performa yang tinggi namun memiliki konsumsi daya listrik yang relatif rendah.  Di dalam mikrokontroler ATMega8 telah terdapat ADC internal yang memiliki resolusi 10 bit, sehingga kita tidak perlu menambahkan ADC eksternal ke dalam rangkaian. ADC internal berfungsi untuk mengubah input tegangan menjadi bilangan digital.  Untuk mengaktifkan ADC internal, pin AREF harus diberi tegangan referensi sebesar 3,3 volt atau 5 volt.
         
Ketika Pin AREF diberi tegangan masukan 3,3 volt bertujuan agar resolusi ADC menjadi lebih tinggi dibandingkan apabila diberi tegangan referensi sebesar 5 volt. ADC internal yang diberi tegangan referensi dapat mendeteksi peruban tegangan minimum sebesar:


          Dari rumus di atas dapat kita lihat bahwa, PIN AREF yang diberi tegangan referensi 3,3 volt memiliki senstifitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang diberi input tegangan referensi sebesar 5 volt, yaitu dapat mengkonversi tegangan masukan minimum 3,2 mV.
         Untuk kabel downloader STK200+/300 menggunakan port parallel(DB25), sebagai transfer datanya. Software yang digunakan untuk mengisi program IC mikrokontroller keluarga AVR, saya menggunakan software Codevision AVR yang menggunakan bahasa C dalam pemrogamannya, yang dapat didownload di link berikut:
Untuk mempermudah pembuatan PCB saya sudah menyediakan  file PCB ATMega8 yang dibuat dengan software protel, yang dapat didownload di link berikut:

0 komentar: